1. Kutu Rambut Menyukai Cuaca Panas

1. Kutu Rambut Menyukai Cuaca Panas
source: https://c0.thejournal.ie

Ketika musim panas kutu rambut banyak menyebar dengan melakukan ekspansi dan bereproduksi di setiap rambut. Kenapa anak-anak mudah sekali tertular kutu rambut? Pada dasarnya usia anak-anak sangat menyukai bermain dan berkumpul bersama teman-temannya. Nah, pada saat inilah kutu-kutu rambut berkespansi dari satu kepala ke kepala lainnya untuk bereproduksi. Suhu yang mereka sukai adalah sekitar 32 derajat Celcius. Jadi, ada baiknya untuk melarang anak-anak bermain di cuaca panas, apalagi bersama teman yang memang memiliki kutu rambut sebelumnya. 
 

2. Air Liur Kutu Penyebab Gatal

2. Air Liur Kutu Penyebab Gatal
source: https://pediatrichairsolutions.com

Salah satu tanda fisik anak 'tertular' kutu rambut adalah ia akan sering sekali menggaruk kepala, Nah, penyebab muncul rasa gatal yang luar biasa ini adalah air liur kutu yang menggigit kulit kepala untuk menghisap darah. Tingkat rasa gatalnya tergantung pada seberapa sensitif kulit kepala anak terhadap kutu. Selain itu kutu suka sekali berjalan-jalan di atas kulit kepala, khususnya di belakang telinga dan dekat bagian belakang leher. Jika Si kecil sering sekali menggaruk, sebaiknya Moms segera memeriksa rambutnya dengan perlahan. 

 

baca juga

3. Kutu Suka dengan Kepala yang Bersih

3. Kutu Suka dengan Kepala yang Bersih
source: https://images.immediate.co.uk

Rambut kotor bukanlah penyebab kutu betah bersarang di kulit kepala Si kecil. Karena justru kutu sangat menyukai rambut dan kulit kepala yang bersih lho, Moms. Perlu Moms ketahui juga, kutu rambut juga mengalami siklus hidup tersendiri. Kutu rambut memiliki rentang hidup yang pendek, oleh sebab itu mereka harus sering menghisap darah agar tetap hidup. Jika tidak menghisap darah atau terjatuh dari kulit kepala, kutu akan mati dalam waktu 1 hingga 2 hari. Pada umumnya kutu dewasa bisa hidup hingga satu bulan di kulit kepala anak. 
 

4. Kutu Tak Langsung Mati Jika Hanya Sekali Diobati

4. Kutu Tak Langsung Mati Jika Hanya Sekali Diobati
source: https://www.healthline.com

Kutu rambut memang bisa dibasmi dengan obat khusus kutu yang bisa membuat kutu mati. Di Indonesia biasanya kita mengenal Peditox sebagai obat kutu yang cukup ampuh. Namun, untuk membasmi kutu tidak bisa hanya sekali lho, Moms. Karena kutu rambut belum tentu akan langsung mati jika hanya sekali diobati.

Sebaiknya Moms mengecek rambut Si kecil secara berkala setelah menggunakan obat kutu pada rambut anak. Sisir helai demi helai rambut anak dan pastikan bahwa kutu sudah tidak ada. Kemudian pastikan juga telur-telur kutu sudah kosong untuk menghindari telur kutu menetas.
 

baca juga

5. Kutu Tidak Menular Lewat Udara

5. Kutu Tidak Menular Lewat Udara
source: https://www.moneycrashers.com

Perlu Moms ketahui bahwa, kutu rambut tidak bisa melompat apalagi terbang. Lantas bagaimana cara kutu pindah dari satu kepala ke kepala lain? Kutu memiliki cakar kecil pada tubuhnya untuk untuk berpegangan erat pada rambut. Biasanya kutu berpindah ketika manusia melakukan kontak fisik dengan cara 'menyebrang' ke rambut lainnya. Selain itu ia juga bisa berpindah melalui bantal, seprei, sisir atau pakaian jika barang-barang tersebut digunakan bersama. Nah, hal inilah yang bisa memicu penyebaran kutu rambut dari satu anak ke anak lainnya.