1. Nyeri Perut

1. Nyeri Perut
source: https://www.freepik.com

Pada umumnya gejala kista ovarium membuat perut terasa nyeri di bagian bawah (panggul), terutama saat sedang datang bulan. Rasa sakitnya bisa datang dan pergi, serta bisa menyebar ke bagian punggung bawah dan paha. Pemeriksaan Ultrasonografi (USG) merupakan pilihan utama dalam mendiagnosis ada atau tidaknya kista ovarium. Dengan USG, dokter dapat melihat ukuran, bentuk, lokasi, dan menentukan apakah kista tersebut harus dioperasi atau tidak. 

2. Perut Terasa Kembung

2. Perut Terasa Kembung
source: https://www.freepik.com

Gejala kista ovarium selanjutnya adalah perut terasa kembung, begah, atau seperti kekenyangan. Gejala ini biasanya timbul pada saat datang bulan. Perlum Moms ketahui, terbentuknya kista memang belum diketahui pasti, namun biasanya terkait dengan siklus menstruasi atau adanya pertumbuhan sel yang tidak normal. Tak semua kista ovarium memerlukan penanganan medis misalnya seperti operasi. Misalnya jenis kista fungsional yang bisa hilang dengan sendirinya setelah dua sampai tiga siklus menstruasi. 

baca juga

3. Menstruasi Tidak Teratur

3. Menstruasi Tidak Teratur
source: https://www.freepik.com

Menstruasi tidak teratur adalah gejala paling sering dialami oleh perempuan yang terjangkit kista. Saat menstruasi berlangsung biasanya perut akan terasa nyeri luar biasa dikarenakan kista tersebut. Nah, gejala ini bisa jadi adalah kista ovarium endometriosis. Apa itu endometriosis?  Endometriosis jenis kista yang terbentuk ketika jaringan endometrium tumbuh di ovarium (indung telur). Kista endometriosis juga bisa berpengaruh pada kesuburan jika jaringan tumbuh pada indung telur atau tuba falopi. Jika Moms juga mengalami gejala tersebut, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter ya. 

4. Mual dan Muntah

4. Mual dan Muntah
source: https://www.freepik.com
Mual dan muntah bukan hanya disebabkan karena gejala hamil saja lho, Moms. Mual atau muntah juga salah satu gejala kista ovarium yang sering terjadi. Penyebab mual ini dikarenakan cairan kista masuk ke dalam perut dan menyebabkan peradangan. Nah, karena peradangan inilah kemudian menimbulkan sensasi mual. Bahkan lebih parahnya lagi bisa menyebabkan muntah-muntah. Jika Moms mengalami gejala tersebut, jangan tunda untuk segera memeriksakan kondisi Moms ke dokter ya. 
baca juga

5. Sering Pipis

5. Sering Pipis
source: https://www.freepik.com

Selain mual dan muntah, gejala lain kista ovarium adalah meningkatnya frekuensi buang air kecil. Hal ini dikarenakan kista ovarium menekan kandung kemih sehingg kapasitas penampungan urin menjadi berkurang. Beberapa kasus juga ada yang mengalami rasa sakit hingga sensasi terbakar pada saat buang air kecil.