Sayangnya, hal ini tidaklah mudah karena mendengarkan orang lain membicarakan kekurangan diri adalah hal yang sulit. Itulah sebabnya, sangat penting bagi orangtua untuk mulai membiasakan anak mendengarkan masukan dan kritik sebagai bagian dari pelajaran. Nah, berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa diperhatikan saat mengajarkan anak tentang pentingnya masukan dan kritik.

1. Buatlah Kritik Menjadi Hal yang Biasa untuk Diungkapkan

Banyak orang menjadi sangat sulit untuk menerima kritik karena memang tidak dibiasakan sejak dini. Biasanya mereka cenderung melihat orang-orang berdebat dan tidak terima saat mendapatkan masukan atas kekurangannya. Inilah yang akan membentuk anak memiliki karakter yang defensif juga. Jadi, buatlah suasana rumah menjadi lingkungan yang bebas untuk mengungkapkan kritik. Tak masalah jika suamimu memberikan kritik atas masakanmu yang kurang asin dan lain sebagainya. Itu akan menjadi contoh baik untuk anak ke depannya.

Moms, Ini Dia Cara Membiasakan Anak Agar Bisa Menerima Kritik
source: https://www.ahchealthenews.com/


2. Menjadikan Komunikasi Sebagai Hal Utama

Kritik akan menjadi hal yang mengganggu jika kamu tidak memiliki kedekatan dengan satu sama lain. Jadi, pastikan jika kamu dan seluruh anggota keluarga, termasuk si kecil, memiliki hubungan yang baik. Dengan begitu, perasaan apapun yang diungkapkan akan menjadi lebih apa adanya. Orang yang mendengarkan masukan juga dapat lebih menerima karena terbiasa dengan komunikasi dua arah.
 


3. Biasakan untuk Mendengarkan Orang Lain

Kemampuan untuk mendengarkan dan memahami apa yang diucapkan dan diekspresikan orang lain tidaklah mudah. Tidak semua orang mampu melakukan itu. Jangan heran jika banyak orang kesulitan untuk benar-benar bisa menerima dan memahami maksud dari kritik yang disampaikan orang lain padanya. Itulah sebabnya mengapa membiasakan anak untuk menyimak dan mendengarkan orang lain dapat menjadi bekalnya untuk bisa lebih menghargai orang lain dan menerima kritik.
 

Moms, Ini Dia Cara Membiasakan Anak Agar Bisa Menerima Kritik
source: https://www.phillymag.com/


4. Biasakan Anak Melihat Sesuatu dari Sisi Positif

Terakhir, jangan lupa untuk membiasakan anak untuk memiliki pikiran yang positif dan fokus pada pengembangan dan progres pada dirinya. Hal ini akan membantunya untuk bisa lebih baik dalam menerima kritik. Bahkan, pada orang-orang yang sudah bisa melihat kritik sebagai modal untuk menjadi lebih baik, mereka akan menjadi sangat menantikan kritik untuk segera memperbaiki apa yang dirasa kurang.
 

baca juga


Nah, itulah beberapa cara untuk bisa membantu anak menerima kritik dengan baik. Percayalah bahwa kemampuan ini memang dibentuk sejak dini. Anak-anak yang dibiasakan untuk selalu mendapatkan pujian dan pemakluman atas kesalahannya cenderung menjadi lebih susah dalam menerima masukan dan kritik dari orang lain. Jadi, jangan sampai itu terjadi, ya!