Usia Berapa Bayi Boleh Mengonsumsi Buah Bit?


Usia Berapa Bayi Boleh Mengonsumsi Buah Bit?
source: https://freepik.com/

Memasuki usia 6 bulan, Moms mulai memperkenalkan makanan pendamping ASI (MPASI) pada bayi. Buah bit jadi salah satu sayuran yang bisa Moms kenalkan pada bayi setelah memasuki usia 6 bulan. Meski memiliki kandungan nitrat yang tinggi, buah bit cenderung tidak menimbulkan masalah serius jika diberikan pada bayi usia 6 bulan atau lebih.

Namun para ahli menyarankan untuk memberikan buah bit setelah Moms memperkenalkan makanan lainnya terlebih dahulu. Sebaiknya Moms, perkenalkan buah bit secara perlahan yaitu mulai dari 1 hingga 2 sendok the sebelum usia bayi 1 tahun.

Bisa juga dengan mencampurnya dengan wortel dan kentang. Campuran dengan sayuran lain ini juga berfungsi menyamarkan rasa khas buah bit yang seperti tanah.

Tips Memilih Buah Bit untuk MPASI


Tips Memilih Buah Bit untuk MPASI
source: https://freepik.com/

Moms bisa menemukan buah bit atau beetroot di pasar tradisional maupun supermarket. Pilihlah buah bit dengan warna maroon yang segar tanpa ada lubang atau cacat pada permukaannya. Pilih juga buah bit berukuran kecil karena biasanya buah bit berukuran besar lebih keras dan alot.

Perhatikan juga bagian batang dan akarnya jika masih ada. Pilih buah bit dengan batang yang mulus dan kokoh. Serta bagian akar yang tebal dengan rambut sedikit. Banyaknya rambut akar menandakan buah bit sudah tua.

baca juga

Cara Mengolah Buah Bit untuk MPASI


Cara Mengolah Buah Bit untuk MPASI
source: https://freepik.com/

Buah bit memiliki tekstur yang keras saat masih mentah. Moms bisa mengolahnya dengan cara dipanggang, direbus atau dikukus. Untuk mengeluarkan rasa manis, Moms bisa memanggang buah bit terlebih dahulu dalam oven selama 40-60 menit. Buah bit panggang biasanya jadi favorit karena rasa manisnya yang keluar, Moms.

Moms juga tak perlu repot mengupasnya. Moms cukup merebus atau mengukus buah bit yang telah dibersihkan selama 30-40 menit. Jika sudah matang dan terasa empuk, moms bisa membersihkan kulitnya dengan cara diusap dengan tangan atau tisu dapur. Setelah matang dan empuk, buah bit siap diolah menjadi puree, salad, atau sebagai campuran sup untuk si kecil.

Jangan panik saat warna merah buah bit menempel di tangan Moms. Cara membersihkannya cukup dengan menggunakan campuran garam dan air lemon atau cuka lalu usapkan pada bagian tangan yang terkena warna merah buah bit. Lalu cuci dan bilas tangan dengan sabun pada air mengalir.

Tips Menyimpan Buah Bit


Jika tak terpakai semuanya, Moms bisa menyimpan buah bit di dalam lemari es agar tak cepat busuk. Potong bagian batang dan sisakan sejari kelingking. Simpan dalam plastik dan letakkan di leari es bersama sayuran lainnya. Perlu diingat Moms, jangan potong bagian akar tebalnya hingga waktunya memasak. Biasanya buah bit akan bertahan selama 2 minggu jika disimpan di dalam lemari es.