Larutan Air Garam


Garam dapat berfungsi sebagai antiseptik, pembersih dan menenangkan sehingga dapat digunakan sebagai obat sariawan rumahan. Caranya cukup mudah yaitu dengan membilas atau berkumur dengan larutan air garam. Campurkan ½ sendok the garam dengan secangkir air hangat. Kumur-kumur lalu keluarkan dari mulut.

Soda Kue


Soda Kue
source: https://pinterest.com/

Jika moms memiliki soda kue di rumah, bisa banget nih Moms digunakan sebagai obat sariawan rumahan. Caranya hampir sama dengan cara pertama yaitu berkumur dengan larutan soda kue. Campurkan ½ sendok teh soda kue dengan secangkir air hangat. Kumut-kumur lalu buang larutan soda kue dari mulut.

baca juga

Madu


Madu
source: https://freepik.com/

Madu memiliki sifat antibakteri sehingga dapat digunakan sebagai obat sariawan alami. Cukup oleskan madu pada bagian yang terkena sariawan. Lakukan beberapa kali hingga sariawan sembuh. Pada anak-anak, sebaiknya oleskan ketika si kecil sedang tertidur ya, Moms.

Sari Lemon


Sari Lemon
source: https://freepik.com/

Sari jeruk lemon memiliki sifat antiseptic dan antijamur yang membantu melawan jamur penyebab sariawan. Untuk mengobati sariawan, Moms bisa langsung meminum sari lemon yang sudah dilarutkan dalam secangkir air hangat atau dingin. Bisa juga dijadikan sebagai obat kumur atau mengoleskannya langsung pada sariawan. Namun perlu diperhatikan, zat asam pada lemon bisa menyebabkan rasa terbakar dan iritasi.

baca juga

Cuka Apel


Cuka Apel
source: https://freepik.com/

Cuka sari apel memiliki sifat antijamur yang bisa melawan Candida sehingga dapat dijadikan obat alternatif untuk mengatasi sariawan. Larutkan 1 sendok teh cuka sari apel dalam secangkir air. Kumur-kumur selama 15 detik, lalu buang.

Yoghurt


Yoghurt
source: https://freepik.com/

Yoghurt mengandung probiotik dengan kultur bakteri baik yang membantu mengobati sariawan. Teksturnya yang lembut membuat penderita sariawan dengan mudah menelannya. Pilihlah yoghurt plain atau tanpa pemanis sebagai obat sariawan. Oleskan pada sariawan atau bisa dengan mengonsumsinya setiap hari.

Minyak Cengkeh


Minyak Cengkeh
source: https://freepik.com/

Moms juga bisa menggunakan minyak cengkeh untuk mengobati sariawan. Larutkan 2 sendok teh dengan secangkir air hangat lalu kumur-kumur. Bisa juga dengan menyeduh 1 sendok teh cengkeh utuh dalam 1 cangkir air mendidih selama 5 menit. Saring lalu kumur-kumur dan buang larutannya.

Kantong Teh Bekas


Kantong Teh Bekas
source: https://freepik.com/

Moms juga bisa mengatasi sariawan dengan menggunakan kantong teh bekas. Kantong teh bersifat basa sehingga dapat menetralisir area mulut yang asam. Daun teh juga mampu melawan infeksi dan peradangan penyebab sariawan.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan menempelkan kantong the celup bekas pakai pada sariawan dan diamkan selama kurang lebih 5 menit.

Lidah Buaya


Lidah Buaya
source: https://freepik.com/

Bahan lainnya yang bisa dimanfaatkan sebagai obat sariawan yaitu lidah buaya atau aloe vera. Cuci bersih daun lidah buaya. Oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya pada sariawan dan biarkan selama beberapa jam. Lakukan dua atau tiga kali sehari.

Es Batu


Es Batu
source: https://freepik.com/

Es batu membantu meredakan peradangan akibat sariawan yang membengkak. Untuk meringankan rasa nyeri dan memberikan sensasi sejuk, Moms bisa mengompres sariawan dengan es batu. Kulum-kulum es batu hingga mencair sepenuhnya di mulut.