Madu memiliki segudang manfaat untuk kesehatan dan kecantikan. Rasa manis dari madu jadi favorit dan kerap dijadikan sebagai pengganti gula yang sehat. Selain rasanya yang manis, madu bermanfaat mengatasi beberapa penyakit seperti flu, batuk hingga sakit tenggorokan.

Tapi ternyata, asal-asalan mengonsumsi madu malah bisa membahayakan kesehatan lho, Moms. Berikut 5 cara mengonsumsi madu yang benar seperti dilansir dari Detik Food:

Jangan Campur Madu dengan Air Panas


Jangan Campur Madu dengan Air Panas

Umumnya madu dikonsumsi dengan segelas air panas setelah bangun tidur. Namun jika Moms melakukan kebiasaan ini setiap hari, sebaiknya perhatikan lagi suhu air panas yang digunakan.

Menggunakan air yang terlalu panas malah akan merusak komposisi nutrisi pada madu bahkan dapat mengubahnya menjadi racun yang berbahaya untuk tubuh. Sebaiknya campurkan madu dengan segelas air hangat dengan suhu kurang dari 60 derajat Celcius.

baca juga

Minum Madu Sebelum Makan


Minum Madu Sebelum Makan
source: https://freepik.com/

Dokter dan Pendakwah, dr Zaidul Akbar menyatakan madu merupakan prebiotic atau enzim, termasuk sayuran dan buah-buahan. Jadi cara meminum madu yang benar adalah sebelum makan. Bisa dikonsumsi bersama buah dan sayuran.

Bisa juga mencampur madu dengan satu kapsul habbatussauda atau jintan hitam cair sesuai anjuran dr Zaidul Akbar. Campuran madu dan habbatussauda bermanfaat untuk meningkatkan imunitas tubuh serta meredakan flu dan batuk.

Minum Madu Sebelum Tidur


Minum Madu Sebelum Tidur
source: https://freepik.com/

Madu membantu meredakan batuk dan sakit tenggorokan. Meminum campuran madu dan air hangat sebelum tidur dapat membantu mengatasi batuk di malam hari. Moms juga bisa menambahkan madu dalam secangkir teh chamomile untuk meredakan gejala flu dan membantumu tertidur pulas.

baca juga

Perhatikan Dosisnya


Perhatikan Dosisnya
source: https://image.freepik.com/

Madu memiliki rasa manis yang khas dan jadi favorit banyak orang. Karenanya, madu sering digunakan sebagai pengganti gula pada makanan dan minuman. Tapi Moms, perhatikan dosis penggunaan madu sebagai pengganti gula ya. Sebaiknya minum madu satu sendok teh sekali minum dan jumlahnya 2-3 kali sehari.

Jangan Berikan Madu Pada Bayi di Bawah Usia 1 Tahun


Jangan Berikan Madu Pada Bayi di Bawah Usia 1 Tahun
source: https://freepik.com/

Walau memiliki banyak manfaat untuk tubuh, madu tetap tidak boleh diberikan pada anak di bawah usia 1 tahun. Madu dapat menyebabkan botulisme pada bayi, jenis keracunan makanan yang langka namun memiliki efek yang parah.