Kopi memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Banyak orang mengonsumsi kopi untuk kesehatan, meningkatkan mood, bahkan sudah menjadi gaya hidup modern. Kopi juga membantu menignkatkan fokus ketika bekerja.

Akan tetapi, meminum kopi di waktu yang tidak tepat justru berbahaya bagi kesehatan. Mulai dari mengganggu jadwal tidur, membuat perut sakit, hingga membuat jantung berdebar dan kolesterol tinggi.

Agar tetap mendapatkan manfaatnya, berikut 4 waktu terlarang meminum kopi seperti dilansir dari Food Detik:

Ketika Perut Kosong


Ketika Perut Kosong
source: https://freepik.com/

Jadi kebiasaan banyak orang meminum kopi di pagi hari. Kebiasaan yang disebut Morning’s Coffee untuk sarapan ini ternyata bisa membahayakan kesehatan. Terlebih jika Moms meminum kopi dalam keadaan perut kosong.

Zat asam yang terkandung dalam kopi bisa membuat perut sakit. Minum kopi saat perut kosong juga dapat sebabkan jantung berdebar, masalah pencernaan dan sakit perut.

baca juga

Setelah Pukul 12 Siang


Setelah Pukul 12 Siang
source: https://freepik.com/

Waktu terlarang minum kopi selanjutnya adalah setelah pukul 12 siang. Minum kopi setelah pukul 12 siang dapat mengganggu jadwal tidurmu di malam hari. Jadi Moms, usahakan minum kopi sebelum pukul 12 siang ya.

Cara menyiasatinya adalah mengonsumsi kopi cold brew di pagi hari. Kadar kafein dalam kopi cold brew lebih tinggi dari kopi panas biasa. Secangkir kopi cold brew membuatmu bertahan untuk tak menyesap kopi setelah pukul 12 siang.

Saat Kolesterol Tinggi


Saat Kolesterol Tinggi
source: https://freepik.com/

Moms yang memiliki masalah kolesterol sebaiknya hindari meminum kopi. Apalagi jika meminum kopi ketika kolesterol sedang tinggi.

Kopi yang diracik tanpa kertas filter bisa meningkatkan kolesterol jahat LDL. Membuat kopi dengan bantuan kertas filter membantu mencegah kadar kolesterol tinggi.

baca juga

Ketika Sudah Minum 2 Gelas


Ketika Sudah Minum 2 Gelas
source: https://freepik.com/

Batas konsumsi kafein dalam sehari adalah 400 mg. Sehingga meminum kopi 3-4 cangkir sehari masih aman dilakukan. Meski demikian, mengonsumsi 3 hingga 4 cangkir kopi dapat membuat tubuh dehidrasi. Jadi sebaiknya usahakan meminum kopi tidak lebih dari 2 cangkir.

Tahukah Moms, berlebihan meminum kopi juga bisa menyebabkan masalah kesehatan serta memperpendek umur.