Melansir dari laman resmi kemensos.go.id, ibu hamil mendapatkan bantuan sosial BLT PKH 2021 sebesar Rp3 juta yang akan disalurkan dalam 4 tahap mulai Januari, April, Juli, dan Oktober. Bantuan ini akan disalurkan melalui bank BUMN yaitu BNI, BRI, Bank Mandiri, dan BTN.

Namun bansos ini tak didapatkan secara percuma, Moms. ada sejumlah persyaratan dan kewajiban yang perlu dipenuhi ibu hamil demi mendapatkan bansos BLT PKH 2021. Seperti wajib memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS).

BLT Rp3 Juta untuk Ibu Hamil, Ini Syarat dan Ketentuannya
source: https://finance.detik.com/

Ibu hamil penerima bansos ini juga harus melakukan pemeriksaan kehamilan di fasker sebanyak minimal 4 kali selama kehamilan hingga melahirkan. Serta melakukan pemeriksaan di faskes pasca melahirkan.

Sebelum mendapatkan BLT PKH, ibu hamil calon penerima harus dipastikan masuk dalam kategori Desil 1 (Sangat Miskin), Desil 2 (Miskin), Desil 3 (Hampir Miskin).

“Dia di dalam keluarga itu penerima PKH komponen pada ibu hamil, Desil 1, Desil 2, Desil 3 lah. Jadi, sangat miskin, miskin, rawan miskin,” kata Rachmat Koesnadi, Direktur Jaminan Sosial Keluarga (JSK), dikutip dari Finance Detik.

Calon penerima BLT PKH ibu hamil juga harus diusulkan oleh pemerintah daerah lewat Sistem Informasi Kesejahteraan Sosial. Selanjutnya ditindaklanjuti dengan verifikasi dan validasi data untuk memastikan apakah di satu keluarga terdapat ibu hamil.

BLT Rp3 Juta untuk Ibu Hamil, Ini Syarat dan Ketentuannya
source: https://freepik.com/

Nah, buat Moms yang ingin mengajukan BLT PKH ibu hamil dan balita, catat persyaratan dan kewajiban seperti di bawah ini ya.

baca juga

Syarat yang harus dipenuhi ibu hamil penerima BLT PKH

Syarat yang harus dipenuhi ibu hamil penerima BLT PKH
source: https://freepik.com/
  1. Wajib memiliki Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Jika belum memiliki KPS maka bisa mengajukan permohonan kepada RT/RW terlebih dahulu, lalu disampaikan ke kelurahan.
  2. Apabila dinilai memenuhi syarat, Kepala Desa (Kades/Kuwu) akan melaporkan ke Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan.
  3. Setelah prosedur terpenuhi, ibu hamil bisa menerima kartu PKH dan mengambil haknya sesuai ketentuan yang telah ditetapkan pemerintah.

Kewajiban yang harus dilakukan ibu hamil penerima program BLT PKH

Kewajiban yang harus dilakukan ibu hamil penerima program BLT PKH
source: https://freepik.com/
  1. Selama kehamilan, wajib melakukan pemeriksaan kehamilan di fasilitas kesehatan selama 4 kali, yakni pada usia kehamilan 0-3 bulan, usia 4-6 bulan dan 2x di usia kehamilan 7-9 bulan.
  2. Pada masa pemeriksaan ibu hamil akan mendapatkan suplemen vitamin untuk menjaga kesehatan ibu dan janin.
  3. Apabila melahirkan, ibu hamil wajib mendapatkan pertolongan di fasilitas kesehatan.