Alpukat merupakan sumber nutrisi terbaik untuk bayi yang baru mengenal makanan. Tidak hanya teksturnya yang mudah dicerna, antioksidan tinggi yang terkandung di dalam alpukat membantu meningkatkan sistem imunitas tubuh bayi.

Buah alpukat juga tinggi asam omega-3 yang berperan penting dalam tumbuh kembang anak. Asam omega-3 menunjang perkembangan otak bayi agar tumbuh optimal.

Sayangnya, memilih dan membeli buah alpukat yang matang gampang-gampang susah ya, Moms. Terkadang alpukat yang dipilih belum matang atau bahkan sudah hampir busuk. Agar tidak salah pilih, berikut 4 tips memilih alpukat yang matang dan siap dimakan.

Perhatikan Warna Kulit Buah Alpukat


Perhatikan Warna Kulit Buah Alpukat
source: https://unsplash.com/

Ciri alpukat yang sudah matang bisa Moms lihat dari warna kulit buahnya, Moms. Alpukat dengan kulit warna hijau terang biasanya belum mencapai tingkat kematangan. Warna kulit yang lebih gelap atau hijau tua bahkan hampir seperti warna hitam menandakan alpukat sudah matang dan siap disantap.

baca juga

Cek Batang Alpukat


Cek Batang Alpukat
source: https://unsplash.com/

Cara kedua memilih alpukat yang sudah matang yaitu dilihat dari bagian batangnya yang menempel di ujung buah. Moms bisa menarik sedikit batang alpukat untuk memeriksa warna di dalamnya.

Batang alpukat yang berwarna cokelat menandakan buah terlalu matang atau hampir busuk. Batang alpukat yang berwarna hijau tua menandakan alpukat sudah matang dan siap dikonsumsi. Sebaliknya, batang alpukat yang berwarna hijau muda menandakan buah belum matang.

Raba Tekstur Kulit Buah Alpukat


Raba Tekstur Kulit Buah Alpukat
source: https://unsplash.com/

Selanjutnya adalah meraba tekstur kulit buahnya. Aplukat dengan tekstur kulit yang sedikit kasar menandakan buah sudah matang dan siap dikonsumsi. Tapi jika kulit buahnya masih halus, tandanya alpukat belum matang.

baca juga

Jangan Pilih Alpukat yang Terlalu Lembek


Jangan Pilih Alpukat yang Terlalu Lembek
source: https://unsplash.com/

Jika masih belum yakin, cara terakhir yang bisa Moms lakukan adalah memerika kelunakan buah alpukat. Daging buah yang terlalu lembek saat ditekan menandakan alpukat sudah terlalu matang. terlebih jika Moms menemukan ada lekukan atau cekungan pada buah alpukat, kemungkinan besar alpukat tersebut sudah terlalu matang dan nyaris busuk.

Tekan lembut alpukat dengan jari tangan. Pilih alpukat yang lunak saat ditekan. Jika ingin menyimpannya selama beberapa hari, Moms bisa memilih alpukat yang sedikit keras dan diamkan di suhu ruang hingga buah matang sempurna.