Air kelapa punya segudang manfaat untuk kesehatan, termasuk air kelapa tua. Biasanya, air kelapa tua tak dimanfaatkan dan dibuang begitu saja ketika Moms membeli kelapa parut yang akan diolah kembali menjadi santan.

Nah, sekarang jangan asal buang air kelapa tua ya, Moms. Beberapa manfaat air kelapa tua untuk kesehatan tubuh di antaranya seperti menurunkan tekanan darah tinggi, menurunkan kadar gula darah, sumber antioksidan, mencegah batu ginjal, serta meningkatkan kesehatan jantung.

Resep Memperkuat Jantung dengan Air Kelapa Tua ala Zaidul Akbar
source: https://freepik.com/

Ragam manfaat air kelapa tua beserta daging buahnya ini kerap dibahas Zaidul Akbar, dokter yang mempopulerkan gaya hidup sehat terinspirasi dari Nabi Muhammad SAW, atau biasanya dikenal dengan JSR (Jurus Sehat Rasulullah). Zaidul Akbar membagikan resep sederhana untuk memperkuat kinerja jantung.

Resep sederhana penguat jantung Zaidul Akbar ini dikhususkan bagi mereka yang memiliki masalah pada jantungnya. Tidak hanya air kelapa tua, tapi juga daging buahnya bermanfaat menyehatkan jantung jika dikonsumsi secara rutin.

“Ini sebenarnya resep sederhana buat memperkuat jantung bagi yang ada masalah jantung,” tulis Zaidul Akbar dalam caption.

Resep Memperkuat Jantung dengan Air Kelapa Tua ala Zaidul Akbar
source: https://www.instagram.com/zaidulakbar/

Berikut resep sederhana untuk memperkuat jantung dari Zaidul Akbar:

  • rutinkan minum air kelapa tua ya sehari satu cukup
  • makan 1/4 bagian dari kelapa tua tadi ( dalam bentuk parut, santan atau dimakan langsung, sekali makan/ minum santan 1/4 bagian aja ya, santannya boleh campur air dan madu )
  • sehari makan 1/4 kelapa tadi boleh 2x ya
  • boleh tambahkan lagi dengan minum air tajin beras atau makan beras mentah yang ditumbuk lalu campur kelapa parut dan gula aren, masih inget kan..?

Tidak hanya airnya saja, daging buah kelapa tua juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Zaidul Akbar menjelaskan bahwa mengonsumsi daging buah kelapa tua secara rutin, baik dalam bentuk utuh, parutan, ataupun santan, dapat membantu merontokkan lemak-lemak dalam pembuluh darah.

Yang perlu diingat adalah, hindari memasak atau memanaskan santan hingga mendidih untuk mendapatkan manfaat kesehatannya.

“Selamat mencoba dan sampein ke yang ada masalah jantung ya. Santan itu bagus dan baik bagi kesehatan asal tidak dipanaskan sampe mendidih gitu,” tulis Zaidul Akbar lagi.