Pisang


Pisang
source: https://freepik.com/

Pisang menjadi salah satu buah yang baik dikonsumsi saat sahur. Kandungan nutrisi dalam buah pisang meningkatkan tenaga yang dibutuhkan untuk berpuasa seharian. Kandungan gula alami, fruktosa dalam pisang mudah diubah menjadi energi yang dibutuhkan tubuh. Tidak hanya kaya serat, pisang juga membantu mengendalikan kadar gula dalam darah dan menjaga kesehatan pencernaan.

Alpukat


Alpukat
source: https://freepik.com/

Buah alpukat juga menjadi superfood yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi saat sahur. Alpukat memberikan banyak manfaat termasuk menjadi sumber energi selama berpuasa. Aplukat mengandung serat yang bermanfaat mengontrol berat badan serta gula darah. Kandungan lemak sehatnya membuat tubuh merasa kenyang lebih lama. Moms bisa mengonsumsi alpukat secara langsung atau dengan menjadikannya topping dengan roti gandum.

baca juga

Telur


Telur
source: https://freepik.com/

Telur jadi pilihan praktis dan simpel untuk disantap saat sahur. Selain praktis dan mudah diolah, telur memiliki nilai gizi dan protein tinggi. Terdapat juga beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh selama berpuasa seperti vitamin A, E, K, D, B6, B12, seng, zat besi dan selenium. Mengonsumsi telur saat sahur membuat tubuh merasa kenyang lebih lama dan lebih berenergi.

Kurma


Kurma
source: https://freepik.com/

Kurma menjadi salah satu makanan yang dianjurkan Nabi Muhammad SAW untuk dikonsumsi saat sahur dan berbuka puasa. Kurma mengandung karbohidrat, antioksidan, potassium, dan serat yang dibutuhkan tubuh. Selain mendapatkan manfaat kesehatan dan menambah energi, Moms juga bisa menambah pahala sunah dengan mengonsumsi kurma saat sahur, lho.

baca juga

Madu


Madu
source: https://freepik.com/

Madu menjadi salah satu bahan makanan terbaik dari alam. Madu mengandung karbohidrat, vitamin B6, dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh. Madu juga bermanfaat menambah energi dan memulihkan stamina. Moms bisa menambahkan madu dalam air minum atau dengan menjadikannya topping di atas roti gandum.

Air


Air
source: https://freepik.com/

Seperti diketahui, konsumsi air yang cukup membantu tubuh tetap terhidrasi. Saat sahur, dianjurkan untuk meminum air putih sebanyak 2-3 gelas. Satu gelas saat bangun tidur atau sebelum makan, satu gelas lagi setelah makan sahur. Biasakan juga aturan minum air putih ini pada si kecil yang sedang belajar berpuasa ya, Moms.