Jaga kesehatan kulit selama ramadan agar tetap terlihat segar dan glowing. Beberapa kebiasaan ini ternyata bisa membuat kulit kering dan kusam lho, Moms. Berikut 5 kebiasaan makan yang bisa membuat kulit kusam dan kering seperti dilansir dari Food Detik.

Melewatkan Sahur


Melewatkan Sahur
source: https://health.detik.com/

Selain menjadi sunnah saat berpuasa, sahur juga menjadi hal penting untuk kesehatan tubuh, termasuk kesehatan kulit. Saat melewatkan santap sahur, sama saja dengan Moms hanya makan satu kali dalam waktu 24 jam.

Secara natural tubuh akan membutuhkan nutrisi tambahan dan menyimpan sisa kandungan hingga lemak yang ada. Hal ini dapat menyebabkan tubuh membengkak. Dampaknya adalah kulit akan menjadi lebih kusam dan sangat sulit untuk mengembalikan kesehatan kulit dalam waktu cepat. Jadi, biasakan tetap makan sahur meskipun hanya sedikit ya.

baca juga

Berbuka dengan Minuman Bersoda


Berbuka dengan Minuman Bersoda
source: https://freepik.com/

Minuman bersoda jadi salah satu menu paling menggoda ketika berbuka puasa ya, Moms. Meskipun menyegarkan, minuman bersoda memiliki dampak buruk untuk kesehatan. Minuman bersoda mengandung banyak gula dan bisa memicu perut kembung serta nyeri. Pada beberapa penelitian menunjukkan minuman bersoda dapat memicu penuaan dini seperti keriput.

Sebaiknya pilihlah minuman yang lebih sehat, seperti air putih dengan irisan lemon. Kunci utama dari kulit yang sehat adalah tetap terhidrasi, Moms.

Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam


Terlalu Banyak Mengonsumsi Garam
source: https://freepik.com/

Agar kulit tetap sehat selama ramadan, sebaiknya perhatikan menu makanan saat sahur dan berbuka puasa. Makanan yang mengandung banyak garam berdampak buruk pada kesehatan kulit, termasuk membuat kulit menjadi kering.

Sebaiknya konsumsi banyak sayur dan buah dengan kadar air tinggi saat sahur. Mengonsumsi buah tinggi potassium seperti pisang juga bisa menggantikan sodium dalam garam.

baca juga

Tidur Setelah Makan


Tidur Setelah Makan
source: https://freepik.com/

Kebanyakan orang akan kekenyangan dan mengantuk setelah santap sahur. Namun perlu diwaspadai, Moms. Kebiasaan tidur setelah sahur membuat tubuh rawan terserang penyakit. Kebiasaan ini memicu kenaikan berat badan. Saat berat badan naik, akan muncul stretch mark karena peregangan kulit yang berlebihan dalam waktu singkat.

Olahraga Setelah Makan


Olahraga Setelah Makan
source: https://freepik.com/

Diet selama ramadan boleh saja dilakukan, Moms. Namun perhatikan pola dietmu ya. Olahraga setelah berbuka puasa malah akan menimbulkan efek buruk untuk kesehatan. Selama berpuasa, sistem pencernaan mengalami perubahan.

Tekanan berlebih secara tiba-tiba pada tubuh dapat menyebabkan keram dan nyeri. Lalu dampak buruknya pada kulit adalah munculnya breakout, iritasi kulit dan jerawat.