Perut rata dan tidak buncit jadi idaman banyak orang. Apakah termasuk Moms di rumah? Ternyata ada beberapa kebiasaan sederhana yang mampu mencegah perut buncit. Berikut 5 kebiasaan yang bisa mencegah perut buncit seperti dilansir dari CNN Indonesia.

Minum Air Putih Hangat


Minum Air Putih Hangat
source: https://freepik.com/

Melansir dari Times Now News, Minum air putih hangat ketika perut kosong sangat dianjurkan. Air putih hangat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, membersihkan tubuh dari racun, dan meningkatkan pergerakan usus.

Air hangat turut meningkatkan suhu tubuh yang selanjutnya meningkatkan metabolisme. Ketika metabolisme meningkat, kalori akan lebih mudah terbakar sehingga berdampak pada penurunan berat badan. Jangan lupa Moms, penuhi kebutuhan cairan sepanjang hari ya.

baca juga

Sarapan


Sarapan
source: https://freepik.com/

Melewatkan sarapan akan mengacaukan metabolisme tubuh serta memperlambat proses pembakaran lemak. Tidak sarapan juga membawa dampak buruk sepanjang hari, seperti rasa lapar yang berlebih dan mengidam makanan tinggi kalori.

Karenanya, sepadat apapun aktivitas Moms di pagi hari, tetap luangkan waktu untuk sarapan ya. Moms bisa mengisi perut dengan roti sandwich, telur, atau semangkuk sereal dan susu. Waktu terbaik untuk sarapan adalah sesegera mungkin setelah bangun tidur, maksimal 2 jam setelah Moms bangun di pagi hari.

Menu Sarapan Bervariasi


Menu Sarapan Bervariasi
source: https://freepik.com/

Sarapan baik untuk kesehatan dan membantu menjaga mood seharian. Namun tentunya harus dengan sarapan yang berkualitas, Moms. Oatmeal, sereal dan yogurt jadi pilihan sarapan favorit. Namun agar lebih bervariasi dan kaya gizi, tambahkan sayur atau buah-buahan segar seperti stroberi dan blueberry.

Berdasarkan riset yang dipublikasikan BMJ menyebut bahwa flavonoid, lebih spesifik antosianin pada blueberry dan stroberi bisa membantu menurunkan berat badan. Konsumsi 10 miligram antosianin per hari bisa membuat berat badan turun 0,09 kilogram.

baca juga

Berjemur


Berjemur
source: https://freepik.com/

Berjemur di pagi hari sangat dianjurkan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Tapi ternyata tidak hanya itu Moms! Kebiasaan berjemur juga membantu Moms terhindar dari perut buncit. Paparan sinar matahari pagi membuat tubuh terasa lebih energik yang berdampak pada meningkatnya metabolisme. Berjemur selama beberapa menit di bawah sinar matahari dapat menurunkan indeks massa tubuh.

Olahraga Ringan di Pagi Hari


Olahraga Ringan di Pagi Hari
source: https://freepik.com/

Lakukan aktivitas fisik di pagi hari walaupun hanya sebentar. Olahraga di pagi hari dapat membuat tubuh segar sepanjang hari. Tidak harus pergi ke tempat kebugaran kok, Moms. Cukup lakukan olahraga ringan secara rutin di pagi hari, seperti jogging, berjalan kaki, skipping, sit-up, push-up, dan plank.