Ibu menyusui yang sedang terpapar Covid-19 masih boleh menyusui si kecil kok, Moms. Asalkan dengan protokol kesehatan yang ketak dan tanpa adanya gejala berat. Artinya, Moms dengan kondisi positif Covid-19 bergejala ringan masih boleh menyusui si kecil.

Melansir dari Alodokter, ASI merupakan nutrisi utama untuk mendukung tumbuh kembang anak serta meningkatkan daya tahan tubuhnya guna melindungi dari berbagai penyakit, termasuk Covid-19. Hal inilah yang mendasari mengapa ibu menyusui tetap harus menyusui anak.

Hingga saat ini pun belum ada penelitian yang menunjukkan bahwa virus Corona dapat ditularkan dari ibu ke bayi melalui ASI. Namun Moms tetap harus melakukan protokol kesehatan yang ketat saat menyusui. Sebab penularan pada si kecil mungkin terjadi karena percikan droplet dari mulut dan hidung Moms. Berikut tips aman menyusui ketika Moms positif Covid-19:

Selalu Memakai Masker


Selalu Memakai Masker
source: https://freepik.com/

Memakai masker adalah hal yang wajib ketika Moms menyusui atau berada dekat dengan si kecil. Meskipun Moms tidak mengalami gejala apapun. Hal ini bertujuan untuk mencegah percikan droplet atau air liur mengenai si kecil ketika Moms menyusui, batuk, bersin, atau berbicara.

baca juga

Cuci Tangan


Cuci Tangan
source: https://freepik.com/

Cuci tangan terlebih dahulu sebelum Moms menyentuh si kecil serta peralatan menyusui. Pastikan seluruh bagian tangan Moms bersih dan cuci tangan di bawah air mengalir dan sabun, termasuk di pergelangan tangan. Bersihkan juga putting payudara dan ganti pakaian dengan yang bersih saat Moms akan menyusui si kecil.

Bersihkan Permukaan Benda dan Botol Susu


Bersihkan Permukaan Benda dan Botol Susu
source: https://freepik.com/

Selalu menjaga kebersihan rumah dan benda-benda yang sering Moms sentuh. Bersihkan dengan disinfektan pada permukaan benda yang sering Moms sentuh atau benda-benda yang mungkin terkena percikan air liur. Pastikan semua permukaan benda telah didisnfeksi sebelum, ketika, dan sesudah menyusui. Jika Moms memberikan ASIP melalui botol susu, bersihkan dulu permukaan dot dan mencuci tangan.

baca juga

Pompa ASI


Pompa ASI dan berikan ASIP pada si kecil jika Moms merasa tidak sehat dan lemas. Jangan memaksakan diri untuk menyusui langsung jika memang sedang merasa kurang sehat atau gejala semakin berat.

Bersihkan Alat Pompa ASI


Bersihkan Alat Pompa ASI
source: https://freepik.com/

Pastikan juga seluruh alat pompa ASI bersih dari droplet. Bersihkan alat pompa ASI sebelum dan sesudah pumping.

ASI merupakan nutrisi penting yang dibutuhkan bayi hingga usia 6 bulan. Karenanya, tetaplah menyusui si kecil meski Moms sedang terpapar Covid-19. Pastikan Moms menerapkan 5 tips menyusui di atas agar anak terhindar dari infeksi virus. Konsumsi makanan bergizi dan tambah suplemen bila perlu untuk meningkatkan produksi ASI jika merasa ASI mulai berkurang ya, Moms.