Lalu apa perbedaannya dan bagaimana cara mengenalinya?

Sebenarnya, batuk bukanlah sebuah penyakit, Moms. Batuk merupakan gejala yang menandakan bahwa sedang ada yang tidak beres di dalam tubuh terkait masalah kesehatan. 

Seperti dilansir dari Alodokter, batuk merupakan cara alami tubuh membersihkan tenggorokan dan saluran pernapasan dari kuman, virus, serta polusi dan kotoran, seperti debu, asap rokok, atau lendir. Batuk juga sering dirasakan ketika sedang flu, alergi, atau asma.

Saat anak terserang batuk, Moms perlu tahu apakah si kecil mengalami batuk berdahak atau batuk tidak berdahak alias batuk kering. Satu hal yang paling membedakan batuk berdahak dengan batuk tidak berdahak adalah ada tidaknya lendir yang dihasilkan. 

Untuk lebih detailnya, berikut ciri-ciri batuk berdahak dan batuk tidak berhadak yang perlu Moms ketahui.

Ciri-ciri batuk berdahak:

  1. Menghasilkan dahak atau lendir
  2. Disebabkan oleh infeksi oleh virus atau bakteri
  3. Batuk berdahak terdengar basah
  4. Ada keinginan untuk membuang dahak dengan meludah


Ciri-ciri batuk tidak berdahak (batuk kering):

  1. Tidak menghasilkan dahak
  2. Disebabkan oleh beberapa faktor seperti alergi, udara kering, hingga infeksi virus
  3. Belakang tenggorokan gatal dan kering
  4. Batuk tidak berdahak bisa terjadi dalam jangka waktu lebih lama

Untuk mengatasi berbagai jenis batuk, Moms bisa berikan AnaKonidin sesuai dengan jenis dan gejala batuknya. Berikut beberapa jenis AnaKonidin yang bisa Bunda sediakan untuk mengatasi batuk anak:

Batuk Berdahak dan Tidak Berdahak, Bagaimana Cara Mengenalinya?

AnaKonidin OBH membantu mengatasi batuk, flu, dan demam. Sirup obat batuk dan flu tanpa alkohol dengan rasa strawberry yang disukai anak-anak. Meredakan batuk dan gejala flu seperti demam, sakit kepala, hidung tersumbat, serta bersin.

baca juga
Batuk Berdahak dan Tidak Berdahak, Bagaimana Cara Mengenalinya?

AnaKonidin ME (Mucolytic Expectorant), sirup obat batuk dengan rasa blueberry untuk meredakan batuk berdahak pada anak.  Mampu Mengencerkan dahak pada saluran napas dan mempermudah pengeluaran dahak pada anak

Batuk Berdahak dan Tidak Berdahak, Bagaimana Cara Mengenalinya?

Anakonidin Herbal adalah sirup obat batuk herbal untuk anak dengan rasa cherry mint yang terbuat dari bahan jamu dan tanpa kandungan alkohol.

Jangan lupa untuk selalu sedia AnaKonidin di rumah ya, Bunda. Apalagi di masa pandemi sekaligus peralihan musim seperti sekarang ini, si Kecil lebih rentan terkena batuk. Jadi pastikan kenali jenis batuknya karena #BedaBatukBedaAnakonidinnya.