Teh Rooibos adalah teh yang terbuat dari daun semak Aspalathus linearis yang dikategorikan sebagai produk teh herbal atau tisane. Teh herbal atau tisane adalah sebutan untuk ramuan bunga, daun, biji, akar dan buah kering hingga membentuk sebuah standar komposisi teh herbal.

Teh Herbal sering dipilih sebagai sebuah comfort drink karena manfaat utama dari teh herbal sendiri yaitu untuk penenang, rileksasi dan meningkatkan kualitas tidur atau istirahat.

Sejarah produk teh herbal atau Tisane ini dimulai ketika pemerintah Inggris menaikkan pajak teh di Amerika yang menjadikan harga teh sangat tinggi. Penyebab kenaikan pajak teh ini sangat erat dengan peristiwa “Boston Tea Party” yang dilatarbelakangi oleh sikap pemerintah kerajaan Inggris yang memaksakan Undang-undang Teh kepada wilayah koloni.

Akibat dari peristiwa tersebut, warga Inggris melakukan demo dengan membuang puluhan tong teh dari kapal ke dalam laut. Peristiwa itu akhirnya membuat masyarakat mencari alternatif dengan mencoba meramu dari daun, bunga, buah yang dikeringkan untuk diseduh seperti halnya teh.

Dikarenakan masyarakat Inggris tetap ingin menyebut ramuan tersebut sebagai teh supaya prestise ini dapat diterima secara luas, maka diputuskan bahwa teh ramuan ini diberi nama sebagai Tisane atau teh herbal.

Umumnya, teh herbal tidak mengandung kafein sehingga aman dikonsumsi bagi semua umur dan orang yang memiliki alergi terhadap kafein. Hal tersebut adalah salah satu faktor utama yang menguatkan statement bahwa teh herbal lebih sehat dibandingkan teh biasa.

Teh Herbal memiliki rasa dan aroma yang lebih kuat dibandingkan teh biasa. Dari segi penampilan teh pun berbeda, teh herbal sebelum diseduh memiliki karakteristik yang lebih ‘raw’ atau kasar dibanding teh biasa. Hal ini disebabkan karena teh herbal merupakan campuran dari berbagai bagian tumbuhan sedangkan teh biasa hanya berasal dari bagian daunnya saja.

Sedangkan, untuk tampilan setelah di seduh Teh herbal memiliki warna yang lebih beragam dibandingkan teh biasa yang umumnya berwarna coklat. Contohnya yaitu teh herbal telang yang berwarna biru dan teh herbal chamomile berwarna kuning pucat. Untuk teh Rooibos ini memiliki tampilan berwarna merah kecoklatan, itulah sebabnya teh ini sering disebut sebagai ‘teh merah’.

Selain Rooibos, produk teh herbal yang cukup popular antara lain chamomile, peppermint, lavender dan rosella.

Jadi, buat para Moms yang mau me time sambil drakor-an. boleh nih sambil ditemani segelas es teh Rooibos ini, dijamin ASI kamu makin deres!