Tapi, tahukah kamu kalau ternyata ada sebuah teh yang berfungsi untuk menebalkan dan menyehatkan rambut?

Teh tersebut adalah teh rooibos. Teh rooibos merupakan teh herbal atau tisane yang berasal dari Afrika Selatan. Teh ini berasal dari semak Aspalathus linearis yang di proses melalui fermentasi hingga pengeringan hingga siap dikemas.

Selain itu, teh ini juga memiliki karakteristik yang unik dimana teh akan memperlihatkan warna merah setelah di seduh. Hal tersebut menjadi alasan mengapa di beberapa negara teh ini lebih dikenal dengan sebutan ‘Red Tea’ atau teh merah.

Dibalik keunikannya, teh Rooibos juga memiliki segudang manfaat. Salah satunya yaitu manfaat untuk rambut. Teh Rooibos dapat membantu pertumbuhan rambut dan menguatkan serat rambut karena mengandung mineral penting seperti zinc, tembaga, kalsium, dan kalium.

Zinc bermanfaat untuk menjaga kelenjar minyak pada rambut sehingga dapat membantu memaksimalkan pertumbuhan rambut. Tembaga bermanfaat untuk memperkuat dan mengurangi resiko rambut patah. Sedangkan, kalsium dan kalium berfungsi untuk membantu pertumbuhan rambut dan mengurangi kerontokan.

Selain itu, Teh Rooibos juga menghasilkan sifat anti radang. Sifat anti radang ini mengurangi peradangan di sekitar folikel rambut atau daerah tempat tumbuh rambut saat kita beraktivitas. Sehingga teh ini mampu memberikan kelegaan dari rasa gatal yang disebabkan oleh ketombe.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, teh rooibos bisa dikonsumsi setiap hari karena teh ini bebas kafein dan herbal. Namun, teh rooibos ini bisa dijadikan sebagai conditioner tambahan lho! Berikut langkah-langkah DIY conditioner teh rooibos yang mudah & praktis diterapkan di rumah:

  1. Seduh teh rooibos selama 30 menit.
  2. Setelah di seduh, biarkan teh hingga dingin.
  3. Siapkan 1 botol spray kosong.
  4. Masukkan aloe vera gel pada botol spray (kira-kira 1/5 dari total isi botol)
  5. Setelah itu, tuangkan teh rooibos yang telah dingin ke dalam botol spray, isi hingga penuh.
  6. Kocok botol agar larutan teh rooibos dan aloe vera gel menjadi homogen.
  7. Conditioner siap dipakai!

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal sebaiknya conditioner dipakai selama 20 menit baru dapat dibilas. Selamat mencoba!