Namun saat anak demam, perlukah Bunda melakukan swab test? Berikut ini langkah-langkah yang sebaiknya dilakukan saat anak terserang demam di masa pandemi:

1. Tetap lakukan swab test sebagai langkah preventif
Swab test merupakan salah satu cara untuk mendeteksi dini infeksi virus covid. Jadi sebaiknya tetap lakukan swab test sebagai langkah untuk mencegah gejala semakin bertambah parah. Terutama bila Bunda dan si kecil usai bepergian atau kontak langsung dengan penderita.

2. Swab test bisa dilakukan mandiri di rumah
Bila tidak memungkinan untuk pergi keluar rumah, Bunda bisa melakukan swab test mandiri. Untuk melakukan swab test sendiri, Bunda perlu menyediakan alat swab yang bisa Bunda beli di apotek terdekat. Mintalah si kecil untuk duduk dalam posisi nyaman dengan kepala sedikit ke atas untuk memudahkan Bunda mengambil sampel lendir dari hidung.

3. Jika hasil swab mandiri positif, segera lakukan test PCR di klinik atau rumah sakit
Tindakan selanjutnya bisa Bunda lakukan setelah mendapatkan hasil swab test mandiri. Mintalah anak beristirahat serta minum banyak air putih agar suhu tubuhnya menurun. Bila perlu berikan anak obat penurun panas untuk meredakan demamnya. Namun bila hasil swab mandiri positif, segera bawa si kecil ke klink atau rumah sakit terdekat untuk melakukan test PCR dan mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Segera lakukan isolasi mandiri 
Bila gejala yang dirasakan si kecil tidak parah, Bunda bisa melakukan isolasi mandiri di rumah. Berikan anak makanan sehat dan bergizi, serta cukupi kebutuhan cairannya. Berikan obat sesuai dengan resep dokter. Bila perlu, beri tambahan suplemen atau vitamin agar si kecil lebih cepat pulih.

5. Jika semakin parah maka segera berobat ke dokter
Namun jika kondisi anak semakin parah atau bahkan tidak mau makan, segera bawa si kecil ke dokter terdekat. Hal ini untuk membantu anak mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan gejala yang dialaminya.

Perlu diingat ya, Bund, demam pada anak dapat terjadi kapan saja. Sebaiknya Bunda tetap siaga dan selalu menyiapkan obat penurun demam seperti Inzana, tablet kunyah penurun panas demam dan pereda nyeri pada anak, dengan rasa jeruk yang disukai anak seperti sebagai pertolongan pertama pada panas demam anak. Segera temui dokter jika kondisi kesehatan anak semakin buruk.