Sejak lahir anak saya memiliki garis kehijauan mendatar yang ada di hidung tepatnya antara mata kanan dan kiri. Pertama nanya ada yang bilang itu tanda lahir, tapi setelah browsing-browsing ternyata itu bukan tanda lahir. Nama sebutan kerennya ternyata ‘sugar bugs’. 



Apa sih sugar bugs? Jadi ini adalah gejala atau tanda kalo anak kita sensitif terhadap gula yang membuat anak cenderung lebih hiperaktif dan cenderung alergi terhadap makanan tertentu. Untuk membuktikan benar atau tidaknya anak kita sensitif dengan zat gula bisa kita lihat dari gejala berikut:
1. Alergi terhadap makanan tertentu saat anak mulai MPASI, seperti alergi protein, dll.
2. Sering menangis
3. Jam tidur anak berantakan
4. Sering berteriak atau memekik
5. Gampang marah atau tantrum
6. Anak cenderung hiperaktif



Jika beberapa gejala tersebut cocok dengan anak mom yang memiliki sugar bugs, apa yang harus mom lakukan?
1. Membatasi asupan gula, terutama untuk anak yang menggunakan susu formula. Batasi juga konsumsi makanan manis-manis termasuk buah. 
2. Buatlah rutinitas dan tetap konsisten. Anak sugar bug harus memiliki jam kegiatan yang teratur, makan, snacking, tidur dan bahkan mandi. Karena kalau tidak anak bisa hiperaktif dan tantrum. 
3. Makan makanan bernutrisi. Perbanyak makan ikan yang mengandung lenak esensial, makanan yang mengandung vitamin B, asam amino dan zinc.
4. Konsultasikan ke dokter anak untuk penanganan lebih lanjut. 

Belum ada penjelasan mengapa sugar bugs ini bisa muncul di anak kita. Beberapa ada yang mengatakan sugar bugs bisa mengacu ke AD/HD (Attention Deficit/Hyperactivity Disorder) yaitu gangguan yang ditandai dengan anak yang hiperaktif, impulsif, dan susah fokus. Tetapi mom tidak usah khawatir karena kadang sugar bugs ini bisa menghilang seiring waktu. Lakukan tips-tips diatas, ga ada ruginya juga kalo anak kita mengurangi gula kan?