1. Dikatakan Demam Jika Suhunya di Atas 38 Derajat

Jika badan si kecil terasa hangat, jangan buru-buru mengatakan bahwa anak demam ya Moms. Anak dikatakan demam jika suhu tubuh mencapai 38 derajat dan suhu tubuh si kecil terasa hangat serta pipinya kemerahan. Selain itu, suhu tubuh bayi, seperti halnya pada orang dewasa, bisa meningkat karena berbagai sebab, mulai dari aktivitas fisik berlebihan sampai kepanasan karena baju terlalu tebal. Suhu tubuh bayi juga terkadang berbeda di siang hari dan malam hari. Jadi, bila suhu tubuh bayi kurang dari 38 jangan buru-buru menganggapnya demam. 

Ini 4 Hal Seputar Fakta Demam Pada Anak yang Perlu Moms Ketahui
source: https://www.star2.com

2. Demam Bakteri Berbeda dengan Demam Virus

Tahukah Moms, demam akibat virus merupakan hal yang normal terjadi karena tubuh berusaha untuk melawan virus didalam tubuh. Karena demam adalah bentuk reaksi dari aktivitas melawan virus dan akan menyebabkan batuk, flu, atau gangguan pencernaan. Nah, sedangkan demam akibat bakteri terjadi karena sistem imun melawan infeksi bakteri seperti radang paru, infeksi saluran kemih, dan infeksi telinga. Perlu diketahui, demam karena infeksi bakteri cukup berbahaya dan Moms perlu membawa si kecil ke dokter segera. 

Ini 4 Hal Seputar Fakta Demam Pada Anak yang Perlu Moms Ketahui
source: https://www.tinystep.in
baca juga

3. Bayi di Bawah Usia 6 Bulan Mudah Demam

Tahukah Moms umumnya bayi yang berusia di bawah 6 bulan memang sangat rentan mengalami gangguan kesehatan akibat sistem imun bayi yang belum sempurna. Jika demam pada bayi yang berusia 3 bulan ini sangat berbahaya dan harus segera ditangani secara tepat. Jika suhu tubuh si kecil meningkat pada angka di atas 38 derajat maka sebaiknya segera bawa ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut sehingga tidak berisiko membahayakan tumbuh kembang si kecil. 

 

Ini 4 Hal Seputar Fakta Demam Pada Anak yang Perlu Moms Ketahui
source: https://newbornbaby.com.au

4. Tak Harus Langsung Diberikan Antibiotik

Ingat Moms, suhu badan panas merupakan tindakan badan untuk melawan kuman. Nah, apabila anak Moms tidak terlihat terganggu dengan demamnya, tidak perlu langsung memberikan obat antibiotik ya. Ada baiknya kunjungi dokter terlebih dahulu apakah boleh langsung memberikan si kecil antibiotik. 

Ini 4 Hal Seputar Fakta Demam Pada Anak yang Perlu Moms Ketahui
source: http://www.latinodetroit.com