1. Latihan Memerah ASI dengan Tangan 
 

Meski pengalaman pertama, Moms bisa mencoba memerah ASI dengan tangan alias manual. Jangan lupa untuk mencuci tangan terlebih dahulu dan duduklah dengan santai. Duduk dengan sedikit mencondongkan badan ke depan. Kemudian mulailah memerah ASI secara perlahan. 

Moms, Ketahui Tips Sukses Memompa ASI Pertama Kali Berikut!
source: http://www.1health.id

2. Pijat Payudara 

Sebelum moms mulai untuk memerah ASI, ada baiknya terlebih dahulu massage dengan lembut payudara dari dasar payudara kearah puting susu untuk merangsang refleks oksitosin (let down reflex). Rangsang puting susu dengan ibu jari dan jari telunjuk Moms. Selain itu bisa gunakan kompres air hangat atau mandi dengan air hangat akan membantu ASI lebih mudah keluar.

Moms, Ketahui Tips Sukses Memompa ASI Pertama Kali Berikut!
source: https://www.go-dok.com
baca juga

3. Pompa Satu Kali Sehari

Pada saat pertama kali mulailah memompa satu kali sehari pada waktu yang sama dan perlu moms ketahui bahwa, produksi ASI melimpah di pagi hari. Jika ASI sudah lancar keluar, moms bisa memerah ASI hingga setiap 3 jam sekali. Perahlah ASI dengan menyesuaikan kecepatan pompa mirip dengan kekuatan si kecil kala menyusu langsung. Selain itu jangan putus asa bila saat awal memerah jumlah ASI yang keluar sedikit. Dengan memompa secara rutin biasanya akan meningkatkan produksi ASI dalam 2 minggu.

Moms, Ketahui Tips Sukses Memompa ASI Pertama Kali Berikut!
source: https://www.tommeetippee.com.au

4. Tentukan Jadwal
 

Bagi Moms yang bekerja menetapkan jadwal memerah ASI penting dilakukan, biasanya setiap 3-4 jam. ASI yang diperah dapat dibekukan untuk persediaan atau tambahan saat moms mulai bekerja. Sebelum memerah selalu jangan dilupakan untuk mencuci tangan dengan baik dan menyiapkan wadah untuk menampung ASI hasil perahan. Wadah tersebut sebelumnya sudah dicuci dengan air panas mengandung sabun dan telah dibilas. Sebaiknya ASI perah dibagi dan disimpan dalam jumlah yang lebih sedikit (60-120 mL) sehingga tidak perlu membuang ASI yang tidak dihabiskan.
Moms, Ketahui Tips Sukses Memompa ASI Pertama Kali Berikut!
source: http://financiallysavvymom.com