Pemeriksaan Kehamilan di Trimester Pertama
 

Moms, 3 Jenis Pemeriksaan Kehamilan Ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan
source: https://www.klikdokter.com/


Saat kamu mendapatkan hasil uji kehamilan positif, tentu ada baiknya untuk segera memeriksakan kondisi kehamilan ke dokter. Saat itu, kamu akan memastikan apakah kamu benar-benar hamil dan melakukan sederet pemeriksaan kehamilan di trimester pertama. Pemeriksaan di trimester pertamain penting untuk dapat mengetahui kondisi janin dalam rahim, seperti dengan melakukan:

1. Cek Darah

Darah ibu hamil akan diambil dan diperiksa untuk memastikan kondisi imunitas ibu terhadap penyakit Rubella dan cacar air, risiko terjangkit penyakit Hepatitis B, Sifilis, HIV, memantau kadar atau tingkat hemoglobin dalam darah, mengetahui jenis golongan darah serta rhesusnya, dan kemungkinan terjangkit penyakit toxoplasmosis atau tidak.


2. Tes Urin

Kemudian, tes urin juga dilakukan untuk mengidentifikasi apakah ibu hamil mengalami infeksi pada saluran kemih dan ginjal. Dalam tes ini, tingkat hormon hCG dan tingkat glukosa dalam urin juga akan diperiksa.

3. Tes USG

Terakhir, ibu hamil juga perlu menjalani pemeriksaan USG agar dapat memastikan usia kehamilan dan mengonfirmasi serta menghitung hari perkiraan lahir atau (HPL).
 


Pemeriksaan Kehamilan di Trimester Kedua
 

Moms, 3 Jenis Pemeriksaan Kehamilan Ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan
source: https://meetdoctor.com/


Kemudian, memasuki trimester kedua, kamu juga perlu melakukan pemeriksaan kehamilan yang meliputi cek atau tes darah, untuk mengidentifikasi kemungkinan adanya kelainan pada tabung saraf tulang belakang, risiko down syndrome, gejala diabetes gestasional dengan menghitung kadar gula dalam darah. Selain tes darah, kamu juga masih akan melakukan tes urin untuk memeriksa adanya infeksi saluran kemih dan preeklampsia. Tidak ketinggalan, kamu juga akan menjalani tes USG untuk mengamati tumbuh kembang janin apakah normal atau tidak sesuai dengan usia kehamilan. Pemeriksaan USG ini juga akan menghitung panjang mulut rahim serta mengamati gerakan janin.
 

baca juga


Pemeriksaan Kehamilan di Trimester Ketiga
 

Moms, 3 Jenis Pemeriksaan Kehamilan Ini Tidak Boleh Kamu Lewatkan
source: https://www.ibudanbalita.com/


Nah, di usia kehamilan yang sudah memasuki trimester ketiga, kamu akan melakukan pemeriksaan USG untuk memantau kadar dan jumlah cairan ketuban, pertumbuhan dan perkembangan janin dengan cara mengukur panjang tulang paha, ukuran kepala janin, serta ukuran perut.

USG di trimester akhir ini juga dilakukan untuk memeriksa gerakan dan posisi bayi. Hal ini penting untuk menentukan metode persalinan dengan mempertimbangkan posisi sungsang atau tidak.

Apabila kandungan sudah melewati HPL, pemeriksaan USG akan dilakukan untuk memeriksa kondisi detak jantung bayi serta kondisi kesehatan bayi dalam rahim. Selain itu, lokasi plasenta dan kondisi dari serviks juga akan diperiksa apakah sudah siap untuk persalinan.