Banyak model jam tangan yang dijual dipasaran, mulai dari yang berbahan plastik, kulit ataupun logam. Jam tangan dengan bahan logam biasanya lebih mencerminkan kesan elegan, dewasa, dan smart.

source: http://www.swedishloveaffair.com/wp-content/uploads/watches-to-choose-ck-1.jpg

Tapi jam tangan jenis ini punya kekurangan yaitu sifat bawaan logam yang korosif dan menyebabkan karat. Umumnya jam tangan akan berkarat setelah tiga sampai enam bulan pemakaian, bahkan ada beberapa yang langsung berkarat setelah dipakai. Hal ini bisa disebabkan karena penyemprotan parfum yang mengenai bagian logam, keringat, sabun atau air hujan.

Korosi adalah proses yang terjadi ketika kualitas penting dalam suatu material mulai menurun setelah terpapar elemen yang terdapat dalam lingkungan. Korosi pada logam terjadi saat elektron logam terpapar dengan air dan oksigen. Korosi lebih lanjut akan melemahkan seluruh struktur logam sehingga membuatnya kehilangan kekuatan dan kualitas lainnya.
source: http://www.amazine.co/26296/apa-itu-korosi-penyebab-cara-pencegahan-karat-logam/

Beberapa cara mencegah sifat korosif pada logam adalah dengan melakukan pelapisan. Tapi bila sudah terlanjur berkarat pun tetap bisa diperbaiki asalkan karat masih berupa noda, bukan karat pada logam yang sudah keropos. Dengan cara ini koleksi jam tangan yang sudah berkarat dilemari bisa digunakan kembali.

Cuka

Coba tengok isi dapur dulu sebelum memutuskan membeli jam tangan baru. Asam cuka ternyata dapat menghilangkan karat, lho. Gunakanlah cuka apel (apple cedar vinegar), meskipun cuka putih juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat tapi kurang efektif bila dibandingkan dengan cuka apel. 

source: http://www.naturallivingideas.com/wp-content/uploads/2015/02/apple-cider-vinegar1.jpg

Sebelum menghilangkan karat dengan cuka, kamu harus pastikan lebih dulu bahwa jam tanganmu tahan air, karena nantinya jam tangan harus direndam dalam cuka apel untuk waktu yang cukup lama. Karena itu jam tangan yang tidak water resistant tidak dibersihkan menggunakan cara ini.

Cara menghilangkan karat dengan cuka:

  • Tuang cuka pada mangkuk kecil atau gelas hingga seluruh bagian jam tangan tertutupi.
  • Rendam jam tangan yang berkarat dalam cuka dan biarkan semalaman, bila dalam semalam tidak hilang kamu bisa lanjutkan perendaman sampai dua atau tiga malam. Asam cuka tergolong zat yang ringan sehingga butuh waktu yang lama untuk mengikis karat.
  • Ambil jam yang sudah direndam dan gosok dengan sabut aluminium yang ditetesi dengan cuka apel. 
baca juga

Kentang

Masih dari dapur sendiri, kamu juga bisa menggunakan kentang untuk membersihkan noda karat pada jam tangan. Hal ini dikarenakan kentang mengandung asam oksalat yang dapat menghilangkan penumpukan karat. Kalau jam tanganmu tidak water resistant, kamu bisa menggunakan cara yang satu ini.

source: https://2.bp.blogspot.com/-yB7BHHtcNwg/VNQrzs_zRaI/AAAAAAAABoQ/KLGbbOuYPpk/s1600/Kentang.jpg

Cara menghilangkan karat dengan kentang:

  • Iris kentang menjadi beberapa bagian lebar yang agak tipis.
  • Lapisi salah satu sisi kentang dengan soda kue.
  • Gosok area jam tangan yang berkarat menggunakan bagian kentang yang dilapisi soda kue.
  • Lanjutkan penggosokan dengan sabut aluminium.

Jeruk Nipis

Lemon atau jeruk nipis tak hanya bisa dimanfaatkan untuk kecantikan kulit, tapi juga mampu membersihkan karat. Jika ingin menggunakan cara ini, jam tanganmu harus tipe water resistant.

source: https://3.bp.blogspot.com/-1QfcnvvngYc/VsqoO-MYhaI/AAAAAAAAA6o/8rpaRwnSxqA/s1600/Perbedaan%2BLemon%2Bdan%2BJeruk%2BNipis.jpg

Cara menghilangkan karat dengan jeruk nipis:

  • Peras jeruk nipis dan tambahkan sedikit air. Jangan terlalu banyak karena akan mengurangi kandungan zat asam.
  • Taburi bagian jam yang berkarat dengan garam dan rendam dalam air jeruk nipis. Sama seperti cuka apel, jeruk nipis juga membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membersihkan karat.
  • Kemudian kikis karat dengan sabut aluminium.
baca juga

Brasso

Kamu juga bisa menggunakan Brasso, yaitu produk khusus yang dapat digunakan untuk menghilangkan karat pada logam. Baik itu pada perkakas rumah tangga ataupun alat-alat kerja.

source: http://payload.cargocollective.com/1/5/161144/2241191/brasso.jpg

Brasso adalah cairan pengkilap logam. Fungsi utama Brasso adalah membersihkan dan membuat kilap benda logam seperti aluminium, tembaga, krom sehingga menjadi kilat seperti sediakala dan tahan karat.
source: http://www.tipshare99.com/2015/08/cara-memperbaiki-kamera-hp-yang-buram.html

Berbeda dengan bahan-bahan alami yang telah disebutkan sebelumnya, Brasso ini tidak membutuhkan waktu yang lama dalam proses penghilangan karatnya. Kelebihannya, kamu bisa membersihkan jam tangan yang tidak water resistant sekali pun. 

Cara menghilangkan karat dengan Brasso:

  • Teteskan cairan Brasso pada kain yang lembut.
  • Gosok pada bagian jam tangan yang berkarat hingga karat hilang dan jam kembali mengkilat seperti semula.

Membersihkan jam tangan dengan Brasso termasuk aman karena tidak mengandung bahan beracun atau berbahaya. Kekurangan Brasso hanya terletak pada cairannya yang berbau menyengat. Brasso sendiri sangat mudah ditemukan di toko bahan bangunan atau online store dan dibandrol dengan harga hanya Rp15.000-20.000 saja. Sangat murah dan mudah, bukan?

Itulah beberapa cara untuk menghilangkan karat pada jam tangan kamu. Sekarang kamu bisa pakai semua jenis jam tangan logam tanpa takut karat. Semoga bermanfaat!

Artikel dari: http://beautynesia.id/6923