Ingat Moms, semakin muda usia bayi, maka semakin cepat pula harus dibawa ke dokter saat mengalami demam. Berikut anjuran American Academy of Pediatrics terkait demam yang harus segera ditangani dokter: 
  • Usia di Bawah 3 Bulan
Segera bawa bayi ke dokter apabila demamnya mencapai 38 derajat Celsius atau lebih, meski bayi tidak menunjukkan gejala penyakit lain. Bayi di usia ini memiliki kemampuan terbatas untuk melawan penyakit karena sistem kekebalannya yang belum sepenuhnya berkembang. Tujuan membawa bayi ke dokter adalah supaya mendapat penanganan yang cepat karena bayi belum bisa mengungkapkan sakit yang dirasakan sehingga diagnosa sangat diperlukan. 
  • Usia 3-6 Bulan
Bawa bayi ke dokter apabila demamnya mencapai 38 derajat C atau lebih tinggi. 
  • Usia Lebih dari 6 Bulan
Di usia ini, bayi perlu segera dibawa ke dokter apabila suhu badannya mencapai 39 derajat C atau lebih. 
 
Moms, Ini Tandanya Bayi Demam Harus Segera Dibawa ke Dokter!
source: https://medimetry.com

 
  • Jika demam anak sudah mencapai 40 derajat C atau lebih, maka jangan tunda untuk segera membawa anak ke dokter untuk dicek kesehatan dan kondisinya. 
  • Demam pada anak di atas 3 bulan tanpa sumber atau penyebab yang jelas dan disertai gejala flu biasa dan diare. Demam terjadi lebih dari 3 hari berturut-turut dengan penyebab yang jelas, maupun tidak diketahui penyebabnya. 
  • Apabila anak mengalami demam dan sakit tenggorokan yang berlangsung lebih dari 24 hingga 48 jam. 
  • Saat demam, anak mengalami tanda-tanda dehidrasi, seperti mulut kering dan kuantitas buang air kecil yang sedikit lebih dari biasanya. 
  • Anak mengalami demam yang disertai rasa nyeri saat buang air kecil. 
  • Anak lesu, tidak mau makan, ruam, atau kesulitan bernafas.
  • Anak mengalami kejang demam.
Moms, Ini Tandanya Bayi Demam Harus Segera Dibawa ke Dokter!
source: https://honeykidsasia.com

 
baca juga

Jenis Penyakit dengan Gejala Demam yang Wajib Diwaspadai

Moms, ada beberapa gangguan kesehatan atau penyakit dengan gejala demam yang wajib diwaspadai karena cukup berbahaya. Apa saja? 

1. Pneumonia
Pneumonia adalah infeksi paru-paru yang berbahaya. Selain  demam, gejala lainnya adalah batuk, hidung tersumbat, terasa nyeri di bagian dada dan menggigil. 

2. Tifus
Tifus merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh kuman. Anak rentan mengalaminya karena mengonsumsi makanan atau jajanan yang tidak higienis. Selain demam, gejala yang mudah dikenali adalah gangguan pada saluran cerna, mual, dan muntah.
 
Jenis Penyakit dengan Gejala Demam yang Wajib Diwaspadai
source: https://www.express.co.uk
3. Meningitis 
Meningitis adalah radang selaput otak yang disebabkan oleh infeksi virus dan bakteri. Penyakit ini rentan terjadi pada bayi, terutama bayi yang baru lahir. Ada 3 gejala khas yang menjadi tanda bayi terkena meningitis. Ketiga gejala tersebut adalah demam, kejang, dan penurunan kesadaran.

4. Demam Berdarah Dengue (DBD) 
Demam berdarah dengue (DBD) adalah penyakit serius akibat infeksi dengue. Gejala utama dari demam berdarah muncul 3 sampai 15 hari setelah gigitan nyamuk. Gejala yang biasanya muncul adalah demam tinggi, sakit kepala parah, sakit di belakang mata, nyeri sendi, nyeri otot dan tulang, ruam, dan pendarahan ringan.