Gizi seimbang adalah susunan makanan sehari-hari yang mengandung zat gizi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Prinsip yang harus diperhatikan dalam pemenuhan gizi seimbang lain adalah variasi makanan,  hidup bersih aktifitas fisik, dan berat badan ideal. Keempat prinsip ini dikenal dengan istilah 4 pilar 
Apabila pemenuhan gizi seimbang diibaratkan rumah, maka ada empat pilar yang menopang agar rumah tersebut tetap berdiri. 
 

Moms, Ketahui Panduan Gizi Seimbang Terbaru Pengganti 4 Sehat 5 Sempurna Ini!
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS3vQzGZU1-eQzPEgVEzYpqmeMYDWJx6XDnHjTTKNCFN73AR-daUgpIST1z

1. Mengonsumsi Makanan Beragam

Makanan sehat tidak hanya mengandung satu jenis kandungan gizi melainkan makanan yang dapat memenuhi kebutuhan gizi sehingga dapat mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Makanan tersebut mengandung zat gizi makro yaitu karbihidrat, protein, dan lemak). Serta mengandung zat gizi mikro yaitu vitamin dan mineral.

Karbohidrat merupakan sumber energi bagi tubuh. Contoh sumber karbohidrat adalah nasi, roti, gandum,kentang dan jagung. Protein berfungsi untuk pembentukan jaringan baru. Ada proteim hewani dan protein nabati.

Susu dan turunannya termasuk sumber protein. Lemak berfungsi sebagai pelarut asam lemak. Sedangkan Vitamin dan Mineral berfungsi sebagi pemelihara dan pengatur aktifitas tubuh. Vitamin dan mineral bisa didapat dalam sayur maupun buah. Seluruh jenis makanan tersebut harus dikonsumsi dalam bentuk kombinasi makanan. Konsumsi makanan sebaiknya dikonsumsi berdasarkan asupan kebutuhan zat gizi yang dianjurkan. Tidak kurang maupun melebihi batas maksimal konsumsi harian.

1. Mengonsumsi Makanan Beragam
source: https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSnV72h4UAXL7qm0pADpxO9ONQ8tv5u7IALAkX6coduPbWC8koXMqjYVzuOkg
baca juga

2. Membiasakan Perilaku Hidup Bersih

Pola hidup bersih dapat membuat Kamu dan keluarga terhindar dari infeksi, bakteri dan kuman penyakit. Infeksi mempengaruhi keadaan gizi seseorang. Anak yang terkena infeksi bisa mempengaruhi kemampuan penyerapan zat gizi dalam tubuhnya sehingga anak tersebut bisa mengalami kekurangan gizi. 

Pola hidup bersih yang dapat diterapkan adalah kebiasaan mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Mandi secara teratur, memakai alas kaki ketika keluar rumah, mencuci tangan dengan air bersih dan sabun setelah buang air kecil maupun buang air besar.
2. Membiasakan Perilaku Hidup Bersih
source: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSLUY4DqVwwFWrp82X3eDHXLicrEKQDVzFZQszGEzBnZGDbvcIOHXcbtI-6

3. Melakukan Aktifitas Fisik

Rajin olahraga dan melakukan aktifitas fisik secara rutin dapat membantu menjaga kondisi tubuh serta mencegah berbagai macam penyakit. Bergerak aktif juga mampu mencegah stress, membuat tidur lebih nyenyak, menjaga berat badan tetap ideal, dan membantu mengoptimalkan metabolisme tubuh termasuk metabolisme zat gizi. 
3. Melakukan Aktifitas Fisik
source: https://encrypted-tbn0.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSrXS2LobKaKPSy-KMVGxUP_4fqSmoOnwXknnccFn07FkJRWzF8
baca juga

4. Mempertahankan dan Memantau Berat Badan

Pantau terus berat badan keluarga agar sesuai dengan Indeks Massa Tubuh (IMT). Pada anak-anak, IMT dilihat dari proporsi berat dan tinggi badan anak. Moms harus sering melihat dalam KMS apakah berat dan tinggi badan anak sesuai dengan kondisi ideal, berada di bawah garis atau bahkan berlebihan. 

4. Mempertahankan dan Memantau Berat Badan
source: https://encrypted-tbn1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcS468fu2067euVlG-h1OwCBAzPf2QHyM_XU7UZau0goEEOkhjQ78dognthtKA

Nah Moms, jangan lupa mengonsumsi air putih 8 gelas sehari untuk menyempurnakan gizi seimbang anak dan keluarga. Selamat menyajikan makanan sehat untuk keluarga Moms.