1. Mengganti Sikat Gigi 3-4 Bulan Sekali

Pertama, kamu harus mengetahui bahwa sikat gigi anak perlu diganti pada periode tertentu meskipun sikat gigi masih tampak bagus. Faktanya, sikat gigi merupakan perlengkapan kebersihkan yang berisiko menjadi tempat berkembangnya kuman dan bakteri. Bekas makanan dan bekas pasta gigi yang tidak dibersihkan sempurna akan menambah risiko tersebut. Jadi pastikan anak selalu memiliki sikat gigi cadangan untuk menggantinya jika sudah waktunya diganti.
 

Moms, Ketahui 5 Waktu Tepat untuk Mengganti Sikat Gigi Anak
source: https://www.aso.org.au/


 


2. Bulu Sikat Terlihat Berantakan

Selain saat sudah melebihi waktu gunanya, sikat gigi anak juga perlu kamu ganti jika kamu mendapati bulu pada sikat giginya tampak berantakan. Sikat gigi yang berantakan akan membuat proses menyikat gigi menjadi kurang efektif. Yang lebih parah, bulu sikat gigi yang berantakan akan menimbulkan risiko yang membuat gusi si kecil terluka. Jadi, jangan menunggu 3 bulan jika kamu mendapatkan bulu sikat gigi anak sudah berantakan.
 

Moms, Ketahui 5 Waktu Tepat untuk Mengganti Sikat Gigi Anak
source: http://www.holmanfamilydentistry.com/


 

baca juga


3. Sikat Gigi Terpakai Orang Lain

Selanjutnya, pastikan juga kamu mengganti sikat gigi saat mendapati sikat gigi si kecil dipakai atau terpakai oleh orang lain. Berikan juga pengertian pada anak bahwa sikat gigi merupakan sebuah barang pribadi. Jadi, sikat gigi tidak boleh dipinjamkan, apalagi digunakan oleh orang lain. Apabila tidak sengaja terpakai oleh orang lain, meskipun termasuk anggota keluarga, pastikan kamu segera menggantinya dengan yang baru. Menggunakan sikat gigi bersama akan meningkatkan risiko terjadinya infeksi dan perpindahan bakteri dari satu mulut ke mulut lainnya.
 

Moms, Ketahui 5 Waktu Tepat untuk Mengganti Sikat Gigi Anak
source: http://www.emruzonline.com/


 


4. Sikat Gigi Berubah Warna

Selanjutnya, gantilah sikat gigi saat kamu mendapatkan bulu sikat berubah warna. Perubahan warna ini dapat terjadi karena noda makanan yang mengandung pewarna serta sisa pasta gigi. Apabila masih dipakai, noda-noda ini dapat mengakibatkan perubahan warna gigi. Yang lebih berbahaya adalah jika noda ini membuat berkembangnya bakteri di dalamnya.
 

Moms, Ketahui 5 Waktu Tepat untuk Mengganti Sikat Gigi Anak
source: http://www.mama2multiples.com/


 

baca juga


5. Setelah Sakit

Terakhir, waktu yang harus kamu perhatikan untuk mengganti sikat gigi si kecil adalah saat ia sembuh dari sakit. Pastikan kamu segera mengganti segala barang pribadi seperti handuk, selimut, dan pastinya sikat gigi untuk memastikan segala kuman dan bakteri yang menyerangnya saat sakit benar-benar hilang dan tidak kembali menyerangnya.
 

Moms, Ketahui 5 Waktu Tepat untuk Mengganti Sikat Gigi Anak
source: http://bacterioscan.com/


Jadi, itulah lima waktu yang harus kamu ketahui untuk mengganti sikat gigi anak. Ketentuan penggantian sikat gigi ini juga berlaku untuk orang dewasa. jadi, pastikan untuk mengganti sikat gigi di waktu yang tepat, ya!