1. Ketahui Mekanisme Pertumbuhan Gigi Bayi

Hal pertama yang perlu kamu lakukan untuk bisa mengurangi rewelnya si kecil saat tumbuh gigi adalah dengan memahami bagaiman pertumbuhan gigi bayi itu sendiri. Perlu kamu ketahui, bayi saat dilahirkan sudah memiliki rangkaian lengkap bakal gigi di dalam gusinya. Kemudian, di tahun pertama kehidupannya, bakal gigi itu akan mulai tumbuh. Bakal gigi akan menembus gusi perlahan. Jadi jangan heran jika si kecil akan merasa tidak nyaman.
 

Moms, Ini Lho Tips Mengatasi Bayi yang Rewel Saat Tumbuh Gigi
source: https://www.thebump.com/a/when-do-babies-start-teething


 


2. Kenali Gejala yang Muncul Karena Tumbuh Gigi

Setelah itu, kamu juga perlu tahu bahwa tiap bayi mengalami berbagai gejala yang unik dan tentunya berbeda satu sama lain selama fase tumbuh gigi. Biasanya, gejala yang paling sering dialami adalah munculnya iritabilitas ringan serta nafsu makan berurang. Selain itu, kamu juga dapat mengidentifikasi tanda-tanda lain seperti berikut ini :

  1. Bayi lebih banyak mengeluarkan air liur
  2. Bayi lebih sering mengunyah atau mengemut benda padat
  3. Bayi sering rewel dan sering merasa tidak nyaman
  4. Selera makan berkurang hingga hilang
  5. Timbul rasa sakit pada gusi
  6. Gusi tampak merah dan membengkak
Moms, Ini Lho Tips Mengatasi Bayi yang Rewel Saat Tumbuh Gigi
source: https://www.babyinfo.com.au/


 

baca juga


3. Ketahui Cara Meringankan Rasa Tidak Nyaman Pada Gigi Si Kecil

Proses pertumbuhan gigi pada merupakan sebuah proses yang alami untuk terjadi. Begitu pula dengan rasa tidak nyaman yang dirasakan si kecil. Akan tetapi, kamu dapat membantu mengurangi rewelnya dengan meredakan ketidaknyamanan yang dirasakan si kecil. Salah satu caranya adalah dengan menggosok gusi si kecil menggunakan lap basah yang steril. Selain itu, kamu juga dapat memberikan si kecil teething rings yang dapat dikunyah oleh si kecil untuk mengurangi rasa tidak nyaman.
 

Moms, Ini Lho Tips Mengatasi Bayi yang Rewel Saat Tumbuh Gigi
source: http://nakita.grid.id/


 


4. Berikan Perawatan Lanjut dengan Obat

Terakhir, apabila si kecil benar-benar berada dalam kondisi yang tidak nyaman sehingga ia selalu rewel, cobalah untuk membantunya dengan memberikan perawatan lanjut. Diantaranya dengan membawanya ke dokter untuk diberikan obat yang dapat meredakan rasa nyeri atau sakit seperti parasetamol atau asetaminofen bayi. Kamu juga bisa membeli gel tumbuh gigi untuk dioleskan pada gusinya sehingga rasa sakit dapat teredakan.
 

Moms, Ini Lho Tips Mengatasi Bayi yang Rewel Saat Tumbuh Gigi
source: https://www.mamanatural.com/7-signs-your-baby-is-teething/


Nah, itulah beberapa hal seputar perawatan bayi yang sedang mengalami tumbuh gigi. Ingat, fase ini adalah tahapan yang biasa terjadi. Jadi, janganlah terlalu cemas berlebihan. Semoga informasinya bermanfaat, ya!