Cara Mengobati Gigitan Nyamuk

1. Hilangkan pembengkakan
Saat mendapati nyamuk menggigit kulit bayi, segera halau nyamuk dari kulit bayi. Kompres kulit bayi dengan air dingin untuk mengurangi pembengkakan dan rasa gatal. Ada juga beberapa krim khusus yang berfungsi untuk mengurangi rasa gatal dan bengkak serta mengecilkan ukuran bekas gigitan nyamuk. Berkonsultasilah dengan dokter mengenai krim bayi yang tepat ya, Moms! 

2. Hilangkan gatal
Gunakan losion Calamine dan hidrokortison untuk mengurangi rasa gatal pada kulit bayi. 

3. Jangan digaruk
Larang anak menggaruk bekas gigitan nyamuk yang gatal karena akan semakin memperparah dan memberikan celah bakteri menyerang kulit. Selain itu, potong kuku anak untuk menggaruk dan memindahkan bakteri dari kuku ke kulit. 

4. Bawa ke dokter
Apabila kamu melihat gigitan nyamuk sudah memengaruhi kesehatan bayi dan menyebabkan infeksi, maka jangan ragu untuk membawa bayi ke dokter agar segera diperiksa. 
 
Cara Mengobati Gigitan Nyamuk
source: https://www.momjunction.com

 

Treatment Alami di Rumah

Kamu bisa memberikan treatment sederhana dengan menggunakan bahan-bahan alami di rumah untuk mengurangi bengkak dan bentol-bentol pada kulit bayi. Beberapa treatment yang bisa dilakukan di antaranya: 

1. Cuka 
Karena sifat asam, cuka dapat digunakan sebagai anti-septik. Coba apliksikan cuka pada kulit bekas gigitan serangga. Tetapi jika ada banyak gigitan, dianjurkan agar bayi dimandikan dengan air hanya yang sudah dicampurkan dengan cuka. Pilihlah cuka sari apel ya, Moms! 

2. Lidah Buaya
Aloe vera atau lidah buaya adalah obat alami untuk banyak hal. Dalam kasus gigitan nyamuk, lidah buaya dapat bermanfaat menenangkan kulit dan mencegah iritasi.

3. Air dan soda kue
Campuran air dan soda kue dapat mengurangi rasa gatal dan iritasi pada kulit bayi. 
 
Treatment Alami di Rumah
source: https://www.momjunction.com

 
baca juga
4. Pasta gigi
Pasta gigi juga dapat digunakan merawat bentol-bentol yang digigit nyamuk. Mint dalam pasta gigi dapat menenangkan bagian kulit bayi yang digigit. 

5. Madu
Madu bisa dioleskan pada kulit bayi yang digigit nyamuk untuk mencegah infeksi terjadi. 

6. Baby oil
Coba aplikasikan baby oil pada kulit bayi yang digigit nyamuk. Baby oil dapat mengurangi rasa gatal dan pembengkakan. 
 
Treatment Alami di Rumah
source: https://www.livestrong.com

Nah, itu dia beberapa cara mengobati bentol-bentol pada kulit bayi akibat gigitan nyamuk, Moms! Terapkan yuk!