Trimester 1
Jangan Sampai Terlewatkan Moms, Berikut Pemeriksaan yang Harus Dilakukan Ibu Hami
source: https://klikdokter.com/

Pemeriksaan pada trimester pertama sangatlah penting untuk wanita hamil karena bisa mengetahui kondisi kesehatan kita dan perkembangan janin di usia dan ukuran yang masih kecil. Seperti yang dilansir dari The Asian Parents Indonesia, beberapa pemeriksaan penting tersebut diantaranya:

  1. Cek darah

Moms perlu melakukan cek darah untuk mengetahui:

  • Imunitas terhadap penyakit Rubella dan cacar air
  • Kemungkinan penyakit Hepatitis B, Sifilis, HIV
  • Memantau tingkat hemoglobin dalam darah
  • Jenis golongan darah dan rhesusnya
  • Kemungkinan terpapar penyakit toxoplasmosis atau tidak
  1. Tes Urin

Moms, pada tes urin ini bisa medeteksi apakah kita mengalami infeksi saluran kemih dan juga ginjal. Tes ini juga memeriksa tingkat hormon hCG, dan tingkat glukosa di dalam urin Moms lho.

Selain dua jenis tes di atas, wanita hamil juga tentunya harus menjalani pemeriksaan USG, yang mana pemeriksaan ini bisa untuk mendeteksi kehamilan Moms dan menghitung hari perkiraan lahir (HPL) bayi.

Trimester 2
Jangan Sampai Terlewatkan Moms, Berikut Pemeriksaan yang Harus Dilakukan Ibu Hami
source: https://klikdokter.com/

Seperti di pemeriksaan kehamilan di trimester 1, di trimester ini juga ada cek darah Moms, tapi diarahkan untuk mengetahui adanya kelainan di tabung saraf tulang belakang, kemungkinan down syndrome, diabetes gestasional, dan menghitung kadar gula darah untuk mengetahui apakah terjadi atau tidak.

Pada pemeriksaan urin, Moms akan mengetahui kemungkinan ada atau tidaknya  infeksi saluran kemih dan preeklampsia. Seperti pemeriksaan rutin bulanan, pemeriksaan USG juga dilakukan untuk melihat tumbuh kembang janin normal atau tidak berdasarkan usia kehamilan, dengan menghitung panjang mulut rahim, dan tentunya kita bisa melihat gerakan janin yang menggemaskan.

baca juga
Trimester 3
Jangan Sampai Terlewatkan Moms, Berikut Pemeriksaan yang Harus Dilakukan Ibu Hami
source: https://nakita.grid.id/

Pada trimester ini saatnya Moms mempersiapkan diri, pemeriksaan kehamilan juga dilakukan lebih sering yaitu dua miggu sekali, pemeriksaan yang dilakukan tentunya USG untuk mengetahui jumlah cairan ketuban, perkembangan janin dengan mengukur ukuran kepala, tulang paha dan perut si kecil, dan juga melihat posisi bayi, kondisi placenta, dan kondisi serviks apakah siap untuk menghadapi persalinan atau tidak. Tes urin dan darah juga dilakukan pada trimester akhir ini untuk memastikan kondisi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungan selama kehamilan.

Terlepas dari hal di atas Moms harus mengonsumsi makanan sehat dan tentunya beristirahat dengan cukup ya Moms. Selamat menikmati masa-masa kehamilan Moms.