Karakter Momo Berasal Dari Jepang

Meski viral di negara bagian Eropa dan Amerika, sebenarnya karakter Momo berasal dari Jepang. Momo adalah karya seorang seniman Jepang, yang kabarnya tidak ada kaitanya sama sekali dengan pencetus Momo Challenge. Momo digambarkan sebagai seorang gadis berambut panjang dengan wajah yang menakutkan. Gambaran ini identik dengan apa saja yang dilakukan dalam Momo Challenge. 

Momo Challenge Menyebabkan Kematian Gadis Berusia 12 Tahun

Momo Challenge pada awalnya dimulai di jejaring sosial Facebook. Para anggota akan melakukan komunikasi dengan nomor-nomor acak yang tidak dikenal dan disebut sebagai Momo. Sedangkan Momo sendiri digambarkan sebagai karakter wajah yang menyeramkan, dengan senyuman amat lebar, dan mata menonjol.

 
Momo Challenge Menyebabkan Kematian Gadis Berusia 12 Tahun
source: https://www.nanaimobulletin.com

Beberapa pengguna mengatakan bahwa Momo akan mengajak seseorang untuk mengikuti tantangan dengan gambar kekerasan. Para pemain akan terancam jika tidak mengikuti instruksi tersebut. Salah satu instruksi yang sangat ekstrim adalah menyuruh pemainnya bunuh diri. Aksi seorang gadis Argentina yang baru berusia 12 tahun saat merekam aksi gantung dirinya pada pohon di belakang rumahnya ditengarai sebagai akibat dari tantangan Momo ini. Gadis tersebut pun dikabarkan tewas. Saat ini polisi setempat sedang menyelidiki siapa pemberi pesan terakhir pada aplikasi pesan dalam ponsel gadis tersebut. Belum diketahui secara pasti siapa yang memulai tantangan Momo ini.

baca juga

Orang Tua Diimbau Waspada Terhadap Penggunaan Gadget Anak

Para polisi dari berbagai negara saat ini tengah memberi peringatan atas tantangan ini. Dilansir dari BBC, tantangan Momo saat ini banyak beredar di Argetina, Amerika serikat, Jerman dan Perancis. 

 

Orang Tua Diimbau Waspada Terhadap Penggunaan Gadget Anak
source: https://www.huffingtonpost.com/

Sangat penting menanamkan pentingnya keamanan pada saat berinteraksi di dunia maya pada anak untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, apalagi sampai terjadinya kematian seperti Momo Challenge ini. Selain itu, para orang tua diharapkan waspada pada apa saja yang dilakukan anak-anak mereka saat online. Perhatikan siapa saja orang yang diajak komunikasi melalui aplikasi chatting atau media sosial. Rangkul anak-anak untuk selalu menceritakan apa pun yang terjadi dalam hidup mereka. Jangan sampai kita terlewat hal-hal penting yang dialami anak-anak kita karena kita terlalu sibuk dengan urusan kita sendiri.

Duh, jangan sampai terjadi pada anak kita sendiri ya, Moms!