Menurut Ikatan Dokter Anak Indonesia, faktor lingkungan yang berperan dalam menyebabkan perawakan pendek antara lain status gizi ibu, pola pemberian makan kepada anak, kebersihan lingkungan, dan angka kejadian infeksi pada anak. Selain disebabkan oleh lingkungan, perawakan pendek atau stunting juga dapat disebabkan oleh faktor genetik dan hormonal. Akan tetapi, sebagian besar stunting disebabkan oleh malnutrisi. 

 

Perhatikan, Ini Kesalahan Pemberian MPASI Anak yang Bisa Menyebabkan Stunting
source: https://lpustakadigitalindonesia.blogspot.com


Pada umumnya para ibu memberikan puree buah dan sayur saat anak baru pertama kali dikenalkan dengan MPASI. Padahal hal tersebut salah kaprah lho Moms. Sebenarnya jika Moms terlalu sering memberikan puree buah saja atau puree sayur saja, maka bisa menyebabkan anak berisiko mengalami stunting. Perlu Moms ketahui, hingga anak umur 2 tahun, stunting bisa dicegah asal, Moms juga harus sering memberikan protein hewani di awal pemberian MPASI.

Perhatikan, Ini Kesalahan Pemberian MPASI Anak yang Bisa Menyebabkan Stunting
source: https://Mom.me
baca juga

Apa yang dapat dilakukan orang tua untuk mengantisipasi stunting pada anak?‚Äč

Upaya tindakan antisipasi stunting sebaiknya dimulai dari masa kehamilan. Bagi ibu hamil, upaya yang dapat dilakukan yaitu melakukan pemeriksaan kehamilan secara teratur, menghindari asap rokok dan memenuhi nutrisi yang baik selama masa kehamilan antara lain dengan menu sehat seimbang, asupan zat besi, asam folat, yodium yang cukup.

Melakukan kunjungan secara teratur ke dokter atau pusat pelayanan kesehatan lainnya untuk memantau pertumbuhan dan perkembangan anak, yaitu:

  • setiap bulan ketika anak anda berusia 0 sampai 12 bulan
  • setiap 3 bulan ketika anak anda berusia 1 sampai 3 tahun
  • setiap 6 bulan ketika anak anda berusia 3 sampai 6 tahun
  • setiap tahun ketika anak anda berusia 6 sampai 18 tahun
  • Memberikan ASI eksklusif sampai anak anda berusia 6 bulan dan pemberian MPASI yang memadai
  • Mengikuti program imunisasi terutama imunisasi dasar.
Perhatikan, Ini Kesalahan Pemberian MPASI Anak yang Bisa Menyebabkan Stunting
source: https://resources.stuff.co.nz