Awal Mula Merasakan Gejala Kanker Payudara

Waktu itu Brett Miller masih berusia 17 tahun dan duduk di bangku SMA. Brett adalah pemuda yang cukup aktif, ia ikut dalam tim sepakbola sekolah dan memiliki pekerjaan paruh waktu di kolam renang dan gelanggang es. Namun, ada sedikit kekhawatiran dalam dirinya tepat setelah ia menemukan benjolan kecil di belakang puting payudara kanan. Karena belum memiliki asuransi kesehatan pada saat itu, akhirnya Brett memeriksakan benjolan itu kepada dokter saat pemeriksaan fisik di sekolah. Menurut diagnosa dokter, kemungkinan benjolan itu adalah akibat kalsium yang meningkat dan tidak menemukan kaitannya dengan gejala kanker payudara. Jadi tak ada yang perlu dikhawatirkan. 
 
Awal Mula Merasakan Gejala Kanker Payudara
source: https://abcnews.go.com/

 
Tujuh tahun kemudian, setelah lulus kuliah, Brett menjadi staff tetap di kolam renang dan gelanggang es tempatnya bekerja sejak SMA. Karena sudah memiliki asuransi kesehatan, akhirnya Brett pun memeriksakan benjolan pada payudaranya ke dokter. Ia melalui dua pemeriksaan yaitu sonogram dan mamogram. Lagi-lagi dokter tak menemukan apa-apa yang menganggap benjolan itu tidak berbahaya. Pada 27 April 2010, benjolan itupun diangkat. 

Keesokan harinya, saat pulang bekerja, telepon Brett berdering. Dokter menghubunginya dan mengatakan bahwa ia terkena kanker payudara. Brett pun menghubungi ayahnya dan mengatakan mengenai diagnosa dokter. Ia tidak memberitahu ibunya karena takut akan sangat khawatir. 
 
Awal Mula Merasakan Gejala Kanker Payudara
source: https://abcnews.go.com

 
baca juga
Pada 18 Mei 2010, Brett menjalani mastektomi atau operasi pengangkatan payudara. Meski merupakan pengalaman mengerikan, namun ia mengaku cinta dan dukungan dari orang tercinta yang membuatnya tetap kuat dan bertahan. Jaringan payudara, puting dan kelenjar getah bening di sekitar puting pun diangkat.

Operasi berjalan sukses dan kemungkinan kanker kembali sangatlah kecil. Nyawa Brett juga bisa tertolong karena penanganan yang cukup cepat selagi kanker masih stadium I. Setelah mastektomi, Brett menjalani empat kali kemoterapi dan dinyatakan bebas kanker selamanya. 
 
Awal Mula Merasakan Gejala Kanker Payudara
source: https://malebreastcancercoalition.org

Karena pengalaman berjuang melawan kanker payudara itu, Brett pun memiliki misi menyebarkan tentang penyakit ini kepada siapapun, baik tua maupun muda. Tak hanya wanita saja yang mengalaminya, namun juga pria. 
Pada Mei 2010, dengan bantuan orangtuanya, Brett mendirikan The Bret Miller 1T Foundation. Tujuan dari yayasan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran di kalangan anak muda bahwa kanker payudara dapat terjadi pada siapa saja!

Wah, salut ya!