1. Bereskan tumpukan barang
Selain dapat menimbulkan debu tebal, tumpukan barang juga kerap dihuni oleh nyamuk. Jangan biarkan barang menumpuk, baik di dalam maupun di pekarangan rumah. Sediakan waktu beberapa jam setiap akhir pekan untuk menyortir barang-barang yang sudah tak terpakai untuk menghindari menumpuknya barang di lingkungan rumah.
 

source: http://1.bp.blogspot.com/-FZxyamzOZEw/UY0d1hYlPNI/AAAAAAAAAF4/YZuZB5otJy4/s1600/untidyroom3.JPG

2. Lancarkan sirkulasi udara
Udara yang diam dan ruangan yang pengap merupakan favorit nyamuk. Usahakan udara di dalam rumah selalu lancar sirkulasinya. Cara yang paling mudah menimbulkan udara yang selalu mengalir di dalam rumah yakni dengan menggunakan kipas angin. Nyamuk tidak kuat untuk menembus aliran udara yang dihasilkan kipas angin. Jika memungkinkan, Moms juga bisa memasang air curtain atau tirai udara pada pintu masuk rumah agar serangga dan nyamuk tidak bisa memasuki rumah. 
 

source: https://rukminim1.flixcart.com/image/832/832/j0wqj680/fan/q/n/h/a48bms3i-flipkart-smartbuy-original-imaesm3gzzwb8xtf.jpeg?q=70
baca juga

3. Keringkan sampah wadah dari air
Sampah yang bisa menjadi wadah air seperti botol kemasan air mineral, plastik, atau mangkok mie instan bisa menjadi sarana nyamuk berkembang biak. Genangan air sedikit saja dengan ketinggian air 1-2cm sudah bisa menjadi tempat nyamuk bertelur. Biasakanlah untuk membuang sampah dengan mengeringkan airnya terlebih dahulu dan pastikan sampah-sampah tersebut tidak teronggok lama di lingkungan rumah.
 

source: https://www.styl.id/assets/picture/medium/-produk-fashion-dari-sampah-botol-plastik-gini-kolab-aqua-h-m.jpg

4. Menanam tanaman lavender
Bunga lavender yang harum sudah dikenal sebagai aroma yang tidak disukai nyamuk. Agar rumah Moms terbebas dari nyamuk Moms juga bisa menanam tanaman bunga lavender di pekarangan. Karena bentuknya yang tidak besar, Moms juga bisa menempatkan pot kecil berisikan tanaman lavender di dalam rumah. Selain bebas dari nyamuk, tanaman bunga lavender ini juga bisa menjadi pengharum ruangan alami serta penghias rumah.
 

source: https://images.immediate.co.uk/volatile/sites/10/2018/02/970d1b03-681c-4727-82ce-1b0fb8a258cd-30dc80b.jpg?quality=45&resize=960,640
baca juga

5. Memanfaatkan potongan sereh
Sereh selain dipakai untuk memasak juga bisa dimanfaatkan sebagai penghalau nyamuk di rumah. Seperti lavender, aroma sereh yang menyegarkan justru dibenci nyamuk. Ambil 1-2 batang sereh, potong kecil-kecil, tempatkan dalam wadah atau tisu, dan letakkan di sudut-sudut ruangan. Cara ini terbilang efektif untuk mengusir nyamuk, bahkan hingga 2 hari dan wanginya sudah tak tercium lagi.
 

source: https://cdn-asset.hipwee.com/wp-content/uploads/2018/03/hipwee-Serai-750x422.jpg