Setuju tidak jika kita katakan Indonesia memiliki wanita-wanita yang sangat hebat? Bahkan di zaman sebelum kemerdekaan sekalipun, Indonesia sudah memiliki pahlawan wanita seperi R.A Kartini, Cut Nyak Dien, Martha Christina Tiahahu, dan masih banyak lagi. Hal ini membuktikan bahwa Indonesia tidak hanya memiliki banyak perempuan cantik, tapi juga cerdas dan pemberani. Keberanian dan kecerdasan wanita Indonesia ini tentunya sangat patut untuk kita jadikan sebagai inspirasi. 

Di zaman modern ini, tentunya semakin banyak wanita Indonesia yang inspiratif, namun tentunya dengan cara yang berbeda. Beberapa wanita Indonesia bahkan berhasil dikenal luas di dunia. Siapa saja sosok tersebut? Berikut adalah 5 di antaranya!

1. Sri Mulyani


Kamu pasti sudah tidak asing dengan sosok yang satu ini. Sri Mulyani adalah Menteri Keuangan yang saat ini menjabat. Sebelumnya ia juga menjabat sebagai Menteri Keuangan pada kepemimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Berbagai kebijakan yang dibuatnya terbukti dapat menyelesaikan banyak masalah keuangan di Indonesia. Selain menjadi Menteri Keuangan, Sri Mulyani pernah menjabat sebagai Diretur Pelaksana di Bank Dunia. 

Ia merupakan orang Indonesia pertama yang menduduki posisi tersebut. Tapi demi memenuhi panggilan dari presiden Joko Widodo untuk kembali menjadi Mentri Keuangan, ia melepaskan jabatan tersebut. Prestasi lain yang dicapainya adalah mendapatkan penghargaan kategori Exceptional Achievement dalam Madhuri and Jagdish N. Sheth International Alumni Award dari University of Illinois in Urbana-Champaign (UIUC).

5 Wanita Indonesia Ini Dikenal di Dunia Internasional Berkat Prestasinya, Inspiratif Banget!
source: http://www.qerja.com/
baca juga

2. Susi Pudjiastuti


Sebagian besar orang Indonesia mungkin baru mengenalnya ketika ia menjabat sebagai Menteri Perikanan dan Kelautan. Gayanya yang eksentrik membuat wanita yang satu ini sering menjadi sorotan publik. Banyak orang yang memuji kepribadiannya yang pemberani dan sederhana. Salah satu ciri khasnya sebagai menteri adalah kebijakan menenggelamkan kapal asing yang secara ilegal masuk perairan Indonesia.

Sebelum menjabat sebagai menteri, Susi Pudjiastuti memang sudah dikenal sebagai seorang pengusaha. Ia adalah pemilik dari perusahaan ekportir hasil-hasil perikanan dan juga penerbangan. Berbagai penghargaan baik nasional maupun internasional telah ia raih.

5 Wanita Indonesia Ini Dikenal di Dunia Internasional Berkat Prestasinya, Inspiratif Banget!
source: http://www.grid.id/

3. Tri Rismaharini


Tri Rismaharini atau yang biasa disapa Bu Risma adalah wali kota Surabaya yang saat ini menjabat dalam periodenya yang kedua. Banyak sekali yang sudah dicapai oleh Bu Risma selama menjabat sebagai wali kota. Salah satu pencapaian terbesarnya adalah penutupan Gang Dolly yang merupakan lokalisasi terbesar di Asia Tenggara. 

Sebagai pemimpin yang berhasil memajukan daerahnya, Bu Risma mendapatkan sangat banyak tawaran untuk maju ke pilkada ke tingkat yang lebih tinggi, namun ia selalu menolak. Ia bertekad untuk menyelesaikan tugasnya sebagai Wali Kota Surabaya. Dengan segala prestasinya, pada Maret 2015, Bu Risma masuk ke jajaran 50 orang paling berpengaruh di Dunia versi majalah Fortune.

5 Wanita Indonesia Ini Dikenal di Dunia Internasional Berkat Prestasinya, Inspiratif Banget!
source: https://cauchymurtopo.wordpress.com/
baca juga

4. Lilyana Natsir


Wanita Indonesia yang dikenal dunia selanjutnya bukan dari kalangan pejabat, melainkan seorang atlet. Harus dikauin memang, salah satu cabang olahraga yang menjadi andalah Indonesia adalah bulu tangkis. Prestasi internasional para atlet bulu tangkis Indonesia memang patut diperhitungkan. Salah satu yang bisa membukikannya adalah Lilyana Natsir. Berbagai medali dari berbagai turnamen internasional berhasil dipersembahkan untuk Indonesia. Salah satu yang paling berkesan adalah mendapatkan gelar juara All England pada taun 2012 dalam kategori ganda campuran bersama Tontowi Ahmad. Gelar juara tersebut akhirnya didapatkan kembali setelah Indonesia memanti selama 33 tahun.

5 Wanita Indonesia Ini Dikenal di Dunia Internasional Berkat Prestasinya, Inspiratif Banget!
source: http://www.thejakartapost.com/

5. Butet Manurung


Butet Manurung adalah salah satu pahlawan pendidikan di Indonesia. Kepeduliannya kepada pendidikan di Indonesia, membuat ia termotivasi untuk membangun sebuah sekolah yang dimanakan 'Sokola Rimba' di pedalaman Pulau Sumatera. Tidak hanya sebagai nama sekolah saja, 'Sokola Rimba' merupakan sebuah sistem pendidikan. Perjuangan Butet memang tidak sia-sia, sistem 'Sokola Rimba' bisa diaplikasikan di berbagai daeran terpencil di Indonesia. Atas pencapaiannya ini, Butet dinobatkan sebagai salah satu Pahlawan Asia oleh majalah TIME. 

5 Wanita Indonesia Ini Dikenal di Dunia Internasional Berkat Prestasinya, Inspiratif Banget!
source: https://ketahui.com/

Artikel dari: http://beautynesia.id/24561