1. Tiera Guinn

Di usia masih sangat muda, yaitu 21 tahun, Tiera Guinn berhasil ikuti dalam proyek NASA untuk membangun roket yang terbesar dan paling kuat yang pernah dibuat. Meski belum lulus kuliah, namun kercerdasan dan kerja kerasnya sudah diakui oleh badan penerbangan dan antariksa di Amerika tersebut. Ternyata yang membuat Tiera Guinn berhasil menjadi ilmuwan di usia muda adalah karena terus konsisten dan fokus mengejar impiannya. Wah, salut ya!

1. Tiera Guinn
source: https://www.globalcitizen.org

2. Marie Curie

Wanita hebat berikutnya adalah Marie Curie, ahli kimia dan fisika Perancis kelahiran Polandia yang sampai sekarang merupakan satu-satunya orang yang pernah mendapatkan hadiah Nobel di dua bidang yang berbeda, yaitu fisika dan kimia. Dia dan suaminya bersama-sama memenangkan Nobel pada tahun 1903. Marie Curie berhasil menjadi ilmuwan berpengaruh berkat penemuannya di bidang radioaktif.

2. Marie Curie
source: http://www.openculture.com

baca juga

3. Jane Goodall

Jane Goodall merupakan ilmuwan primata paling terkenal dalam sejarah. Jane Goodall terkenal karena meneliti simpanse dan menjadi seorang pejuang hak-hak hewan. Uniknya, Goodall tidak hanya bekerja di lab, namun juga memanjat pohon dan menirukan perilaku simpanse di Tanzania untuk mendapatkan kepercayaan mereka dan mempelajarinya di habitat alami mereka.

3. Jane Goodall
source: https://disneyparks.disney.go.com

4. Mae C. Jemison

Mae C. Jemison adalah astronot wanita Afrika-Amerika pertama. Pada tahun 1992, ia menjadi wanita kulit hitam pertama yang menjadi awak di kapal ruang angkasa Endeavour. Sebelum ikut dalam program luar angkasa, Mae adalah seorang dokter medis yang bertugas di Korps Perdamaian di Sierra Leone dan Liberia.

4.  Mae C. Jemison
source: https://www.ebony.com

baca juga

5. Sara Seager

Karena tata surya sudah dipetakan dengan baik sejak lama dan sudah banyak ilmuwan berprestasi di bidang ini, sehingga mungkin sulit untuk menemukan penemuan baru. Namun Sara Seager, yang lahir pada tahun 1971, berhasil menjadi wanita sukses yang menemukan 715 planet selama bekerja di Kepler Space Telescope. Penemuannya ini merupakan kontribusi luar biasa untuk pemahaman ruang modern.

5. Sara Seager
source: http://discovermagazine.com

6. Jennifer Doudna

Jennifer Doudna adalah salah satu ilmuwan yang masih terus melakukan penemuan yang bermanfaat untuk dunia. Dia membantu mengembangkan CRISPR, sebuah metode rekayasa genetik. Selain itu, Jennifer ikut dalam penemuan pengobatan anemia sel sabit, cystic fibrosis, penyakit Huntington, dan HIV.

6. Jennifer Doudna
source: https://gladstone.org
Nah, itu dia deretan ilmuwan atau tokoh inspirasi wanita di dunia yang berhasil mengubah pandangan bahwa kaum perempuan juga bisa sukses di bidang sains! Inspiratif sekali, 'kan?