Ketahui Penyebab Anak Susah Makan

Ada banyak faktor mengapa anak susah makan Moms. Sebagai orangtua, kita perlu lebih jeli memahami kebutuhan dan keinginan anak terutama urusan nutrisinya. Beberapa alasan yang biasanya terjadi dan kerap tidak disadari terkait anak susah makan di antaranya pertumbuhan anak melambat. Moms, biasanya periode ini terjadi ketika anak usia dua atau tiga tahun dimana pertumbuhan balita melambat dan selera makannya pun mengikuti. Meskipun memprihatinkan, hal ini sangat umum terjadi terutama balita yang memang selera makannya menjadi berkurang. 

Hal berikutnya yang mungkin kerap tak disadari yakni karena si kecil mengalami tekanan untuk   makan di meja. Penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang didorong atau diminta untuk mencoba makanan baru atau menyelesaikan makanan mereka kemungkinan kurang mau mencoba makanan baru dan lebih berpotensi untuk mengonsumsi makanan kurang sehat. Atau bisa juga karena adanya tekanan untuk makan dapat menyebabkan hasil yang berbeda yakni mendorong untuk anak makan di luar nafsu makan mereka dan kemungkinan terlalu banyak. 

Ketika menemui si kecil menolak makanannya, hadapilah dengan penuh kesabaran. Amatilah apakah ia sedang dalam fase makan yang sulit. Hindari untuk memaksanya makan lebih banyak atau mencoba sesuatu yang baru karena justru dapat mematikan nafsu makannya.

Di luar berbagai alasan tersebut, sederet permasalahan anak susah makan juga menjadi serba serbi tersendiri ya Moms. Mungkin Moms menjadi salah satunya yang menemui kendala tersebut. Berikut ini beberapa penyebab anak susah makan yang biasanya ditemui dalam keseharian:
 

Ketahui Penyebab Anak Susah Makan
source: http://familydoctor.org/
Ketika menemui si kecil menolak makanannya, hadapilah dengan penuh kesabaran. Amatilah apakah ia sedang dalam fase makan yang sulit. Hindari untuk memaksanya makan lebih banyak atau mencoba sesuatu yang baru karena justru dapat mematikan nafsu makannya.

1. Anak Susah Makan Nasi

Walaupun nasi menjadi makanan pokok, kenyataannya banyak sekali anak yang susah makan nasi. Penyebabnya, bisa jadi si anak bosan dengan menu makanan yang disediakan di rumah Moms. Untuk itu, cobalah berkreasi dengan menu makanan untuknya. Jika si anak susah makan nasi, Moms bisa memvariasikannya dengan sumber karbohidrat lainnya seperti mie, roti, pasta, dan lainnya.

1. Anak Susah Makan Nasi
source: https://www.needsindex.com/
Penyebab lainnya, biasanya anak-anak makan camilan padat menjelang jam makan sehingga mereka tidak merasakan lapar saat jam makan tiba. Mengantisipasi hal tersebut, Moms bisa menggantinya dengan camilan sehat seperti buah, cake, sayur, dan camilan lainnya agar mereka tetap merasakan sensasi 'nyemil' tetapi tidak membuat perutnya penuh.
baca juga

2. Anak Susah Makan Sayur

​​​Permasalahan ini sepertinya menjadi kendala yang banyak ditemui ya Moms. Berbagai cara pun dilakukan agar anak-anak gemar makan sayur. Penyebab anak kurang menyukai sayur biasanya karena mereka menganggap sayur itu terasa pahit saat dimakan sehingga mereka enggan mengonsumsinya.

2. Anak Susah Makan Sayur
source: http://blog.carsontahoe.com/

Solusinya, buatlah acara makan menjadi menarik. Moms dapat menyelipkan sayur di antara makanan yang disukainya ataupun mengolah sayuran dalam olahan kegemarannya. Misalnya mencampurkan sayur dalam nugget yang memang banyak disukai anak-anak.

3. Anak Susah Makan Saat Sakit

Saat mulut terasa pahit dan rasa tak nyaman di tenggorokan ketika menelan makanan biasanya membuat nafsu makan anak berkurang. Menghadapi situasi ini, jangan dulu panik ya Moms karena urusan mogok makan anak saat sakit akan hilang dengan sendirinya seiring kesehatannya membaik.

3. Anak Susah Makan Saat Sakit
source: https://www.timesindonesia.co.id/
baca juga

4. Anak Susah Makan dan Minum Susu

Kemungkinan anak susah makan dan minum susu bisa disebabkan karena beberapa hal di antaranya, adanya gangguan pencernaan yang membuat si anak menjadi susah makan dan minum susu. Hal berikutnya ialah makanan yang disediakan tidak sesuai dengan selera si anak. Penyebab berikutnya bisa jadi karena kapasitas lambung anak yang terbatas sehingga ia tidak bisa makan banyak karena lambungnya terasa penuh. Mengingat penyebab anak susah makan pada setiap anak berbeda, cobalah untuk memahami permasalahan anak kita lebih mendalam sebelum mencari solusinya. Semangat ya Moms!
 

4. Anak Susah Makan dan Minum Susu
source: https://hellosehat.com/