Janin 3 Bulan Sebesar Apa?

Memasuki usia kehamilan 3 bulan, perut Moms mulai tampak membesar. Morning sickness yang sebelumnya moms alami juga sudah berkurang.

Janin 3 Bulan Sebesar Apa?
source: https://www.cnsnews.com/

Pada awal usia 3 bulan, berat janin moms sekitar 23 gram dengan panjang sekitar 7.4 cm. Nampak seperti buah plum yang menggemaskan. Selanjutnya, perkembangan janin akan terus bertambah. Saat usg janin 3 bulan, berat janin berbobot 43 gram dengan panjang sekitar 8,7 cm.

Pada minggu selanjutnya, minggu ke 15 berat janin berbobot 70 gram dan panjang kurang lebih 10 cm. Hingga memasuki minggu ke 16, janin moms berbobot kurang lebih 100 gram dan panjang badan 11 cm.

Perkembangan Janin 3 Bulan dalam Rahim

Nah, Moms penasaran bagaimana perkembangan janin 3 bulan menuju 4 bulan? Yuk simak ulasannya berikut ini.

Perkembangan Janin 3 Bulan dalam Rahim
source: https://vitalrecord.tamhsc.edu/

Pergerakan janin.

Tahu nggak, Moms? Pada usia 3 bulan janin sudah bisa bergerak. Namun, tak seperti janin berusia 5 bulan ke atas yang pergerakkannya sudah teratur, janin usia 3 bulan pergerakannya cenderung kurang teratur. Untuk itu, moms yang memiliki kulit tipis, lebih bisa merasakan pergerakan janin.

Jenis kelamin

Pada minggu ke-13, organ kelamin sudah terbentuk tetapi belum dapat terdeteksi oleh usg. Untuk itu, Moms harus bersabar beberapa bulan lagi agar bisa tahu jenis kelaminnya ya.

Wajah, gigi dan jari

Otot wajah janin moms mulai terbentuk namun belum dapat dikontrol oleh janin. Selain itu, sudah mulai nampak kuku pada tangan dan kakinya, serta janin sudah memiliki bakal gigi permanen kurang lebih berjumlah 32.

Mulai dapat mendengarkan dan melihat

Janin mulai bisa mendengar suara detak jantung dan suara moms lho. Telinganya juga terus berkembang seperti manusia dewasa. Selain itu, meskipun matanya masih tertutup, ia sudah mulai sensitif dengan cahaya yang berasal dari luar perut Moms.

Pemeriksaan rutin perlu dilakukan

Selalu periksakan kondisi kesehatan Moms. Itu dilakukan untuk mengetahui perkembangan janin 3 bulan menuju 4 bulan sekaligus mencegah timbulnya gangguan kesehatan tertentu. Selain itu, perhatikan pula makanan dan minuman yang dikonsumsi ya Moms, sehingga janin bisa berkembang dengan baik dan optimal.