Dilansir dari raisesmartkid.com, mainan terbaik untuk bayi adalah mainan yang menstimulasi kelima panca inderanya, yakni penglihatan, pendengaran, perasa, peraba dan penciumannya. Nah, Moms bisa memberikan si kecil jenis mainan yang memberi tahu tentang warna, tekstur, suara, dan bau. Hal ini membantu indranya berkembang dan menjadi tajam dan akurat.

Berikut ini, 5 jenis rekomendasi mainan anak bayi laki-laki dan mainan anak perempuan yang bisa Moms beli.

1. Buku atau Gambar Hitam Putih
 


Bayi yang baru lahir memiliki penglihatan yang terbatas. Ia tidak dapat melihat lebih dari 15 inci. Jarak pandang yang terbatas membuat bayi yang baru lahir hingga berusia 2 bulan memerlukan mainan dengan warna hitam putih. Moms bisa membelikan jenis mainan anak bayi 2 bulan berupa buku bantal hitam putih ataupun hardbook berwarna terang untuk membantu perkembangan penglihatan si kecil. 

2. Teether

 


Salah satu jenis mainan yang memiliki ragam fungsi adalah teether. Bukan hanya teether untuk merangsang pertumbuhan gigi, kini sudah banyak mainan bayi usia 4 bulan sampai mainan anak bayi 6 bulan yang berfungsi sebagai teether juga mainan melatih motorik mereka. Sebab, di dalam teether yang berbentuk ragam binatang ada juga gabungan bentuk segitiga, lingkaran dan lain-lain yang menghasilkan suara. Selain itu, biasanya bahan teether kaya akan fungsi ini di dalamnya juga dimasukan plastik sehingga bayi bisa melatih motorik tangannya. 
 

Other toys for your infant need not be expensive and can be simple,
source: https://www.raisesmartkid.com/pre-natal-to-1-year-old/2-articles/23-smart-toys-for-baby

3. Cermin
 

Pada usia di atas 6 bulan, perkembangan mata bayi sudah sangat baik. Ia mulai mengenal orang sekitar dan mengetahui kondisi sekelilingnya. Untuk melatih jarak pandangnya, Moms bisa memberikannya cermin di depannya yang digantung di carseat ataupun bouncer. Bayi akan merasa senang melihat wajahnya sendiri lho Moms!

4. Rattle
 


Salah satu jenis mainan yang bisa diberikan pada bayi usia di atas 6 bulan selain cermin adalah rattle. Mainan ini cocok dan direkomendasikan oleh pakar tumbuh kembang karena sangat baik untuk stimulasi pendengaran dan penglihatan bayi. Mainan rattle mengajarkan sang bayi konsep sebab akibat. 

5. Bola

 


Pada saat usia bayi menuju 8 bulan ke atas, dimana ia mulai merangkak, salah satu mainan murah meriah yang merangsang tumbuh kembangnya adalah bola. Moms bisa menjadikan bola sebagai mainan untuk bayi 6-12 bulan dengan menggelindingkannya dan ajak bayi untuk mengejar dengan merangkak. Jika sang bayi mulai berjalan, mengejar bola bisa melatih ia melangkah lho Moms.

Jadi, gimana Moms? Nggak perlu mainan mahal kan buat bikin bayi kita pintar!