Suhu Normal Bayi

Umumnya, suhu normal pada bayi antara 36-37 derajat celcius. Namun, ketika si kecil mengalami demam panasnya bisa melebihi 40 derajat celcius. Bayi 6 bulan panas 38 derajat celcius masih dapat dirawat di rumah. Tentunya dengan monitoring dari orang tua secara intens. Akan tetapi, ketika bayi 6 bulan panas tinggi (suhu mencapai 40 derajat celsius), Moms harus segera membawa si kecil ke dokter. 

Suhu Normal Bayi
source: https://www.healthyessentials.com

Berikut ini adalah tanda-tanda Moms harus segera membawa si kecil ke dokter saat demam:

  1. Demam dengan suhu mencapai 40 derajat celcius
  2. Demam yang tak kunjung turun selama 3 hari
  3. Demam disertai dengan gejala lain, seperti muntah, kejang atau mimisan. 
  4. Anak menunjukan tanda-tanda dehidrasi, seperti lemah dan lesu, buang air kecil berkurang dan sangat rewel.

Menanggulangi Demam Pada Bayi

Apabila panas si kecil masih dalam kondisi yang cukup aman, Moms bisa merawat sendiri si kecil di rumah. Kamu bisa melakukan pertolongan pertama saat bayi demam dengan langkah-langkah berikut ini:

  1. Perhatikan bila bayi 6 bulan panas bagian kepala, namun tangan dan kakinya dingin. Buat bayi nyaman dengan pakaian yang menghangatkan, namun tidak membuat gerah. Kompres bagian dahi dengan handuk yang dibasahi dengan air suhu ruang (bukan air dingin). Air dingin justru meningkatkan risiko bayi terkena flu dan membuatnya kurang nyaman.
  2. Jika bayi 6 bulan panas pilek, besar kemungkinan ia terkena flu. Moms bisa menggunakan essential oil yang dimasukan ke dalam diffuser. Lavender, eucalyptus (sejenis kayu putih), peppermint, rosemary, tea tree, thyme (thymus bulgaris) adalah jenis essential oil yang sangat bagus untuk meredakan flu. 
  3. Pastikan agar bayi tidak dehidrasi. Bayi 6 bulan biasanya masih mengonsumsi ASI. Ketika si kecil demam, perbanyaklah menyusui anak dan perhatikan tanda-tanda jika si kecil kemungkinan mengalami dehidrasi, seperti bagian perut yang tidak langsung kembali ke kondisi semula ketika ditekan dengan lembut, bibir kering, menangis namun tidak keluar air mata dan intensitas buang air kecil yang menurun.
  4. Beri obat penurun panas apabila dibutuhkan. Pastikan Moms memberikan sesuai dengan anjuran dokter.
  5. Sediakan obat anti kejang di rumah. Jika bayi kejang, jangan letakan benda apa pun di mulutnya, karena justru bisa menyebabkan anak tersedak. Jangan pula memberikan si kecil bubuk kopi, karena cara tersebut tidak akan membantu meredakan kejang si kecil. Berikan obat anti kejang dan segera bawa ke dokter apabila kondisi si kecil tak kunjung membaik.
  6. Jika bayi 6 bulan panas dan muntah, ada kemungkinan ia mengalami kembung dan masuk angin. Moms bisa menggunakan cara tradisional, misalnya dengan memborehkan atau mengoleskan bawang merah yang dicampur dengan sedikit minyak telon untuk meredakan panas dan kembungnya.
  7. Monitor kondisi bayi, jika dalam waktu 3 hari panas tak kunjung turun atau si kecil menunjukan gejala lain, segera bawa ke dokter untuk mendapat penanganan lebih lanjut.
Menanggulangi Demam Pada Bayi
source: https://parenting.firstcry.com

Demam atau panas bukanlah sebuah penyakit, tetapi simptom atau indikator adanya penyakit tertentu. Umumnya demam disebabkan oleh penyakit yang disebabkan virus, dengan demikian, seiring meningkatnya imunitas si kecil, demam pun akan reda dengan sendirinya. Namun, tidak menutup kemungkinan, demam atau panas disebabkan oleh hal lainnya. Moms tidak perlu panik ketika anak mengalami demam. Lakukan pemantauan, jika memang tak membaik, baru bawa si kecil ke dokter.