1. Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Ibu Melahirkan

Menjelang proses kelahiran, yang harus dipenuhi yakni perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan. Ada banyak daftar perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan yang perlu dipersiapkan Moms, di antaranya baju bayi baru lahir, kain bedong, gurita, kain bedong, popok kain, diapers, selimut, kaos kaki dan sarung tangan, perlengkapan mandi, kaos dalam, celana, gendongan, perlak/alas tidur, kasur (jika menggunakan box bayi), tisu basah, perlengkapan menyusui, perlengkapan cuci baju bayi, dan tas  (untuk membawa perlengkapan bayi).

Sementara untuk perlengkapan ibu melahirkan di antaranya gurita, kain jarik, baju kancing depan, celana dalam, bra menyusui, dan pembalut.

1. Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Ibu Melahirkan
source: https://assets-3.huggies-cdn.net/

2. Paket Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Ibu Melahirkan

Persiapan menjelang kelahiran memang kerap merepotkan di tengah kondisi perut yang semakin membuncit dan rasa was-was jelang melahirkan. Nah, jika Moms tidak sempat dan tidak mau repot mempersiapkan segala kebutuhan perintilan untuk bayi baru lahir, Moms bisa memilih membeli paket perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan yang dijual di toko-toko perlengkapan bayi online/offline. Sesuaikan saja dengan kebutuhan dan juga budget yang diinginkan Moms karena berbagai paket menarik tersedia dan siap memenuhi kebutuhan bayi baru lahir nantinya. Biasanya, paket baju bayi baru lahir berisi super lengkap mulai dari celana, baju (lengan pendek dan panjang), sarung tangan dan kaki, topi, dan sebagainya. 

Untuk memenuhi kebutuhan ibu melahirkan yang tidak merepotkan, Moms juga bisa memilih paket persiapan ibu melahirkan yang banyak dijual di toko-toko online/offline. Paket perlengkapan ibu melahirkan biasanya sudah meliputi kain jarik, korset, pembalut bersalin, dan kebutuhan lainnya. 
 

2. Paket Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Ibu Melahirkan
source: https://s23916.pcdn.co/
baca juga

3. Harga Baju Bayi Baru Lahir Per Lusin

Untuk membeli baju bayi baru lahir, pembelian dengan per lusin akan membuat Moms lebih efisien. Salah satu panduan harga baju bayi baru lahir per lusin dari toko online Ravenbabycarrier untuk merk velvet junior berikut ini bisa dijadikan referensi. Setelan kancing tengah pendek dan celana pendek motif dino untuk newborn ditawarkan dengan harga Rp252.000, setelan kancing tengah panjang NB Rp300.000, baju kodok oblong NB Rp256.000.
 

3. Harga Baju Bayi Baru Lahir Per Lusin
source: https://www.savymama.com/

4. Apa Saja Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Ibu Melahirkan?

Sibuk mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir dan ibu melahirkan? Ketimbang ada yang tertinggal, siapkan lebih dulu daftar kebutuhannya Moms.

Untuk bayi:

  1. Perlengkapan baju bayi meliputi atasan lengan pendek, atasan lengan panjang, celana pendek bayi, celana panjang bayi, jumpsuit, kaos dalam, jaket, kaos kaki, sarung tangan, topi bayi, jumpsuit, kain bedong, popok/diapers.
  2. Perlengkapan mandi bayi dimana meliputi bak mandi, washlap, sabun dan sampo bayi, handuk, losion, minyak telon, perlak, baby oil, tisu basah, kapas bulat.
  3. Perlengkapan tidur bayi meliputi box bayi atau kasur bayi (tergantung kebutuhan), bantal dan guling, selimut, alas kain untuk melapisi kasur atau perlak, sarung bantal dan guling, kelambu.
  4. Perlengkapan bepergian di antaranya tas untuk membawa keperluan perlengkapan bayi, gendongan, stroller, dan lainnya. 
  5. Perlengkapan menyusui seperti botol susu, sabun dan sikat botol, strerilizer, thermos, dan lainnya.
  6. 6. Perlengkapan lainnya seperti sisir, gunting kuku, kain kasa, alkohol, deterjen bayi, termometer, dan sebagainya.

Sedangkan perlengkapan untuk ibu melahirkan yang bisa dipersiapkan yakni baju kancing depan, bra menyusui, celana dalam, pembalut bersalin, gurita, kain jarik, dan breast pump.
 

4. Apa Saja Perlengkapan Bayi Baru Lahir dan Ibu Melahirkan?
source: http://rhumb.com/
baca juga

5. Harga Perlengkapan Bayi Baru Lahir

Selain mempersiapkan perlengkapan bayi baru lahir, bujet juga penting dipersiapkan sejak jauh-jauh hari Moms. Buatlah kalkulasi tertentu dimana menyesuaikan dengan kebutuhan dan budget yang diinginkan sehingga pembelian perlengkapan bayi baru lahir bisa sesuai perencanaan.

Berikut ini kisaran daftar harga perlengkapan bayi baru lahir di 2018:

  1. Baju bayi (lengan pendek, tanpa lengan dan lengan panjang) mulai dari Rp12.000 per pcs (lengan pendek) dan Rp14.000 per pcs untuk lengan panjang.
  2. Celana bayi pendek mulai dari Rp5.000 per pcs, celana bayi panjang dengan tutup kaki/tanpa tutup kaki mulai dari Rp11.000
  3. Gendongan mulai dari Rp40.000 per pcs
  4. Selimut bayi mulai dari Rp60.000 per pcs
  5. Popok kain bayi mulai dari Rp70.000 per lusin 
  6. Bedong bayi mulai dari Rp70.000 per 6 pcs
  7. Sarung tangan mulai dari Rp7.500 per set
  8. Perlak untuk kasur mulai dari Rp32.000 per pcs
  9. Topi mulai dari Rp6.000 per pcs
  10. Handuk mulai dari Rp35.000 per pcs
  11. Bak mandi bayi mulai dari Rp85.000
     
5. Harga Perlengkapan Bayi Baru Lahir
source: http://cdn.shopify.com/