1. Penyebab Bayi Kembar Siam

Kembar siam atau kembar dempet merupakan kondisi di mana bayi kembar dilahirkan berdempetan. Penyebab bayi kembar siam salah satunya dikarenakan adanya kegagalan zigot bayi kembar identik yang gagal dalam pembelahan sehingga pembelahan tidak terjadi dengan sempurna. Biasanya, kondisi kelahiran ini pun disertai dengan kelainan pada organ tubuh bayi. Dan bayi yang lahir kembar siam biasanya mengalami dempet di bagian dada, panggul, perut dan kepala. 

Untuk menghindari kekhawatiran berlebihan dan menjaga kehamilan tetap sehat usahakan untuk selalu menjaga kesehatan selama kehamilan ya Moms. Pastikan kesehatan dari sejak merencanakan kehamilan hingga persalinan demi kesehatan Moms dan juga janin. Penuhi juga selalu nutrisi yang dibutuhkan selama kehamilan untuk proses pembentukan organ-organ pentingnya.
 

1. Penyebab Bayi Kembar Siam
source: https://cdn.firstcrycdn.com/

2. Penyebab Bayi Kembar

Memiliki bayi kembar memang menjadi keinginan sebagian ibu di luar sana. Untuk mendapatkan bayi kembar tentu saja tidaklah mudah. Ada yang memang melakukan perencanaan secara medis dengan bantuan dokter sspesialis serta memang ada yang mendapatkan anugerah bayi kembar tanpa perencanaan sekalipun. 
 

2. Penyebab Bayi Kembar
source: https://cdn.motherandbaby.co.uk/

Menelisik penyebab bayi kembar siam memang bisa disebabkan berbagai faktor. Ada yang memang sudah memiliki riwayat keluarga memiliki saudara kembar sehingga orang tersebut pun memiliki peluang bayi kembar di kemudian hari. Hal berikutnya yakni seseorang tersebut menjalani program kehamilan bayi kembar dengan bantuan dokter spesialis dimana dengan penggunaan obat yang menstimulasi terjadiinya ovulasi dan sistem bayi tabung juga dapat memungkinkan adanya embrio lebih dari satu di rahim ibu. Peluang mendapatkan bayi kembar pun semakin tinggi. 

baca juga

3. Penyebab Bayi Kembar Identik

Bayi kembar yang terlahir identik berawal dari adanya satu sel telur yang dibuahi sperma dan terbagi menjadi dua. Bayi kembar identik biasanya memiliki tingkat kemiripan sangat tinggi baik secara gen, ciri fisik, dan lainnya. 

Penyebab bayi kembar identik bisa dipengaruhi berbagai faktor. Selain memang memiliki garis keturunan bayi kembar, kehamilan tersebut juga bisa melalui proses bayi tabung untuk mendapatkan kehamilan bayi kembar. Selain itu, usia ketika wanita hamil yang di atas 30 tahun juga bisa meningkatkan potensi kelahiran bayi kembar. 
 

3. Penyebab Bayi Kembar Identik
source: https://www.babycouture.in/

4. Penyebab Bayi Kembar Siam Parasit

Kelahiran bayi kembar siam memang terbilang langka, termasuk kelahiran bayi kembar siam parasit dimana kondisinya fisik salah satu bayi yang dilahirkan kembar tersebut berukuran lebih kecil dan tidak terbentuk sempurna. Dalam kehamilan bayi kembar parasit biasanya menyebabkan satu bayi gagal berkembang dan menempel pada satu bayi yang berkembang. Kondisi ini pun menyebabkan gangguan bagi bayi yang berhasil hidup.

Penyebab bayi kembar parasit lebih banyak disebabkan oleh dua telur dan salah satu telurnya tersebut tidak sepenuhnya terpisah dan kemudian salah satu telur tersebut berhenti tumbuh. Karena menempel dengan kembarannya, pertumbuhannya terjadi secara parasit dan menumpang dengan kembarannya yang tumbuh sempurna.
 

4. Penyebab Bayi Kembar Siam Parasit
source: https://cdn.shopify.com/

Tidak ada gejala khusus yang ditimbulkan dari kehamilan bayi kembar parasit. Pada umumnya, ibu yang memiliki kehamilan bayi kembar merasakan gejala kehamilan yang sama seperti mual dan cepat lelah. Tetapi biasanya ibu hamil bayi kembar memiliki perut yang lebih besar dari usia kandunganya. 

 

baca juga

5. Penyebab Bayi Kembar Lahir Prematur

Kehamilan kembar memang meningkatkan risiko persalinan ibu untuk melahirkan bayi dalam kondisi prematur yakni sebelum minggu ke 37 kehamilan. Beberapa faktor memang bisa menyebabkan kelahiran bayi kembar lahir prematur, di antaranya kantung ketuban peca dini (KPD) dimana biasanya ini terjadi pada kehamilan kembar. Air ketuban yang pecah sebelum waktunya memicu persalinan bayi kembar lebih cepat dari yang ditentukan. Faktor lainnya yakni kehamilan kembar identik serta adanya permasalahan pada plasenta.  

 

5. Penyebab Bayi Kembar Lahir Prematur
source: https://www.verywellhealth.com/