Tambal Gigi Secara Langsung (Direct Filling)

Tambal Gigi Secara Langsung (Direct Filling)
source: https://www.naturalnews.com/

Bahan tambalan yang digunakan dalam metode ini adalah amalgam dan komposit. Bahan tambalan dimasukkan secara langsung ke dalam gigi yang berlubang. Metode ini dapat diselesaikan dalam satu kali pertemuan. Berikut ini prosesnya:

  1. Anestesi lokal. Dokter gigi memberi suntikan untuk membuat area saraf di sekitar gigi mati rasa.
  2. Pembersihan atau peluruhan kotoran gigi. Dokter gigi memotong enamel gigi menggunakan dental burst (alat bor khusus yang sesuai dengan lokasi dan tingkat kerusakan gigi) untuk menghilangkan pembusukan atau kotoran di dalamnya.
  3. Pengikisan (etching). Tahap ini dilakukan untuk mengencangkan gigi. Pengikisan dilakukan dengan larutan asam agar bahan tambalan dapat menempel dengan mudah.
  4. Aplikasi resin. Jika kotoran berada di dekat akar, gigi akan dilapisi dahulu dengan bahan resin komposit atau bahan lainnya, melalui cahaya terang, untuk membuatnya kuat dan melindungi saraf. Komposit resin dapat digunakan dalam proses tambal gigi depan maupun belakang.
  5. Pemasangan tambal gigi. Selanjutnya, dokter gigi akan melakukan tambal gigi berlubang dengan memasukkan bahan tambalan ke dalam gigi berlubang.
  6. Penggosokan (polishing). Tahap terakhir adalah penggosokan untuk membersihkan gigi yang ditambal.

Tambal Gigi Secara Tidak Langsung (Indirect Filling)

Tambal Gigi Secara Tidak Langsung (Indirect Filling)
source: https://coredentalgroup.ca/

Bahan tambalan yang sering digunakan dalam metode ini adalah emas dan porselen. Metode ini dipilih ketika sisa struktur gigi tidak memungkinkan untuk menampung bahan tambalan. Umumnya, indirect filling dilakukan dalam dua kali pertemuan. Prosesnya meliputi:

  1. Pertemuan pertama. Seluruh kotoran dibersihkan dan dicetakkan bagian gigi yang berlubang. Selanjutnya hasil cetakan tersebut dibuatkan cetakan tambalannya di laboratorium. Selama menunggu cetakannya jadi, gigi berlubang diisi dengan tambalan sementara.
  2. Pertemuan kedua. Dokter gigi melepas tambalan sementara dan mencocokkan cetakan tambalan dengan gigi berlubang. Terakhir, cetakan tambalan direkatkan pada gigi yang berlubang.
Moms bisa melakukan tambal gigi di puskesmas atau rumah sakit, baik untuk tambal gigi permanen atau tambal gigi sementara.