Miss V yang bau bisa menganggu aktivitas lho Moms jika tidak segera diatasi. Lalu sebenarnya apa sih penyebab miss v mengeluarkan bau yang  tidak sedap dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, cari tahu di sini! Simak baik-baik ya, Moms!

Miss V Mengeluarkan Bau Saat Hamil?​​​​​​​
 
Image Source: https://pinterest.com/instagram.com

Banyak wanita mengeluhkan keputihan dan bau tidak sedap pada miss v saat hamil. Normalkah? Tenang Moms, keputihan dan bau tidak sedap pada miss v saat hamil itu hal yang wajar dan normal. Itu semua terjadi karena perubahan hormonal yang terjadi pada wanita hamil.

Bau pada miss v pada saat hamil dihasilkan dari meningkatnya aliran darah ke daerah genital dan perubahan flora vagina, sehingga menyebabkan perubahan pH yang menghasilkan bau asam dan menyebabkan bau pada miss v.

Moms bisa mengatasi bau tidak sedap itu dengan cara sering membersihkannya dan gunakan lap untuk mengeringkan area miss v setelah dibasuh. Gunakan air hangat untuk membasuh miss v. Jangan lupa sering mengganti celana dalam.

​​​​​​​Gunakan celana yang nyaman berbahan katun. Bila bau sudah sangat mengganggu atau miss v terasa gatal dan sampai mengeluarkan cairan lendir berwarna kuning kehijauan sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. 

Miss V Bau Bawang


Ternyata penyebab bau bawang pada miss v dihasilkan dari makanan yang kita konsumsi lho, Moms. Saat kita banyak mengonsumsi bawang baik bawang putih maupun merah maka miss v kita akan mengeluarkan bau tidak sedap seperti bau bawang.

Cara terbaik untuk menghilangkan bau bawang pada miss v adalah dengan membersihkan area miss v menggunakan air. Tapi Moms tidak perlu khawatir, biasanya dalam kurun waktu dua kali dua puluh empat jam bau makanan yang kita konsumsi akan menghilang dengan sendirinya.

baca juga

Miss V Bau dan Gatal

 
Image Source: https://hellosehat.com

Penyebab utama miss v bau dan gatal bisa disebabkan oleh infeksi jamur atau bakteri. Perubahan hormon atau mengonsumsi makanan tertentu juga dapat membuat miss v bau. Untuk mengatasi masalah miss v yang bau dan gatal, Moms harus selalu menjaga kebersihan area miss v.

Perhatikan juga kelembaban miss v, gunakan celana dalam yang nyaman terbuat dari katun. Setelah buang air, bersihkan dari depan ke belakang untuk menghindari bakteri masuk ke vagina. Jika masalah pada miss v tak kunjung hilang sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. 

Miss V Bau Busuk


Pemicu miss v berbau busuk bisa karena beberapa faktor seperti makanan yang dikonsumsi, kurangnya menjaga kebersihan, atau bisa juga karena perubahan hormonal. Untuk itu selalu jaga kebersihan area v dengan rutin mengganti celana dalam. Gunakan yang berbahan katun dan nyaman.

Pada saat sedang menstruasi, rutinlah mengganti pembalut setiap 4 jam sekali. Biasanya wanita yang mengalami menopose cenderung mengalami ketidakseimbangan hormon sehingga menyebabkan vagina mengeluarkan bau busuk. Segera periksakan ke dokter bila bau sudah sangat mengganggu atau merasa tidak nyaman.

baca juga

Miss V Bau Setelah Berhubungan

 
Image Source: https://pinterest.com

Penyebab miss v berbau tidak sedap bisa terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan area v atau bisa juga karena infeksi bakteri dan jamur. Terjadi gesekan saat berhubungan seksual pada selaput lendir sehingga menyebabkan vagina menjadi iritasi dan infeksi juga bisa memicu miss v berbau.

Pengguna obat-obatan tertentu dan sabun pembersih area v juga bisa menjadi pemicu miss v bau dan keputihan. Untuk itu penting untuk selalu menjaga kebersihan area miss v. Gunakan celana berbahan katun. Selalu menjaga miss v tetap higines terutama saat berhubungan seksual. 

Nah, itulah Moms beberapa penyebab miss v berbau busuk. Selalu jaga kebersihan area miss v ya, Moms. Semoga artikel di atas bermanfaat!