Berat Badan Bayi Normal


Berat badan setiap bayi berbeda-beda. Biasanya bayi yang baru lahir akan mengalami penurunan berat badan dan setelah dua kelahiran berat bayi akan kembali ke berat badan saat lahir. Ini kondisi normal dan wajar yang terpenting adalah untuk menjaga berat badan bayi agar naik dari hari ke hari.

Menjaga berat badan bayi agar tetap ideal dapat dilakukan dengan cara menjaga asupan nutrisinya. Dan Moms harus fokus mempertahankan berat badannya sesuai usianya agar tidak turun maupun bertambah banyak dan malah menjadi obesitas.

Jika bayi masih berada di bawah 6 bulan berikan ASI eksklusif dengan cara menjaga asupan makanan yang Moms konsumsi agar kualitas ASI baik. Saat bayi sudah dalam masa MPASI, berikan makanan pendamping yang bergizi agar berat bayi tetap terjaga ideal. 

Image Source: https://pexels.com

Berat Badan Bayi 7 Bulan


Idealnya pada usia 7 bulan berat badan bayi bisa mencapai 8. Biasanya pada usia ini berat bayi akan bertambah sekitar 900 gram pada setiap bulannya. Moms harus menjaga berat badan agar terus naik setiap bulannya dengan menjaga asupan nutrisinya.

Berikan makanan pendamping yang bergizi dan bernutrisi, seperti buah-buahan dan sayur-sayuran. Jika berat badan bayi mengalami kenaikan kurang dari 900 gram tiap bulannya atau lebih dari 2,7 kg, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. 

baca juga

Berat Badan Bayi 4 Bulan


Idealnya berat badan bayi 4 bulan sekitar 5,6 kg atau lebih. Pada usia ini umumnya bayi mengalami perkembangan dari segi fisik, bertambahnya berat serta ukuran tubuhnya. Untuk bayi laki-laki pada umumnya akan mengalami berat dan panjang yang lebih besar dibanding bayi perempuan. Moms dapat menjaga berat bayi agar tetap ideal dengan menjaga kualitas makanan yang dikonsumsi. 

 

Image Source: https://pexels.com

Berat Badan Badan Bayi 3 Bulan


Berat badan bayi 3 bulan ditentukan oleh jenis kelaminnya. Biasanya bayi perempuan yang berusia 3 bulan memiliki berat ideal 3,8 kg hingga 5,5 kg. Untuk bayi laki-laki biasanya mencapai sekitar 4 kg hingga 6 kg. Penting untuk terus memantau perkembangan bayi pada setiap bulannya. Perhatikan asupan gizi yang dikonsumsi bayi. Berikan ASI eksklusif yang berkualitas tinggi agar bayi tetap terjaga kesehatannya dan agar berat bayi tetap terjaga ideal. 

baca juga

Berat Bayi Baru Lahir Normal


Berat badan bayi baru lahir biasanya berada di kisaran 2000 gram hingga 4000 gram pada bayi yang lahir cukup umur. Pada bayi yang baru lahir berusia 1-4 minggu akan mengalami penurunan berat badan beberapa ons setelah lahir. Namun, setelah itu berat bayi akan naik kembali.

Nutrisi selama kehamilan berperan penting dalam menentukan apakah bayi akan terlahir dengan berat ideal atau tidak. Selain itu ukuran tubuh orang tua dan kesehatan ibu selama kehamilan juga berperan dalam menentukan berat ideal bayi. Selalu jaga asupan nutrisi selama kehamilan dan menyusui agar berat bayi terjaga tetap ideal. 

Image Source: https://pexels.com

 

Itulah Moms beberapa penjelasan tentang berat ideal bayi berdasarkan usianya. Semoga bermanfaat ya, Moms.