Bayi 4 Bulan Susah BAB Minum ASI


Pemberian ASI pada bayi usia 4 bulan tidak hanya aman bagi bayi yang sedang terkena diare. Ternyata Moms, ASI juga secara alami akan membantu buang air besar dan mengatasi sembelit. ASI mengandung antibodi khusus yang dapat membantu agar saluran pencernaan bayi tetap sehat dan semakin membaik.

Bayi 4 Bulan Susah BAB Minum ASI
source: https://hellosehat.com/


 

Obat Bayi 4 Bulan Susah BAB


Salah satu obat alami yang bisa Moms coba untuk mengatasi bayi susah BAB adalah buah plum. Senyawa di dalamnya dapat melunakkan tinja dan mengatasi sembelit. Caranya, rendam buah plum dengan air panas dan biarkan semalaman.

Lalu, minumkan satu sendok teh rendaman tersebut untuk si bayi. Untuk cara ini, sebelum melakukannya, Moms sebaiknya konsultasi ke dokter ataukah cara ini cocok dengan kondisi tubuh bayi.

Obat Bayi 4 Bulan Susah BAB
source: https://www.weeklytimesnow.com.au/


 

baca juga

Cara Mengatasi Bayi 4 Bulan Susah BAB


Mengatasi sembelit pada bayi 4 bulan berbeda dengan bayi berusia 6 bulan lebih. Pada bayi 4 bulan, Moms perlu penanganan seperti mengubah atau mengganti susu formula. Nah, untuk mempertimbangkannya, Moms bisa konsultasikan kepada dokter, berapa takaran yang perlu diganti dan susu formula yang seperti apa yang cocok.

Selain itu, bisa juga memanfaatkan pelembut tinja yang ditambahkan dalam susu bayi. Sebelum menggunakannya, tetap harus konsultasi dan sesuai anjuran dokter, ya Moms.

Cara Mengatasi Bayi 4 Bulan Susah BAB
source: https://www.marketing-interactive.com/


 

Bayi 4 Bulan ASI Eksklusif Susah BAB


Salah satu cara yang bisa Moms lakukan ketika bayi usia 4 bulan susah BAB adalah mengatur konsumsi ibunya. Moms perlu meningkatkan asupan air minum dan meminum jus seperti apel maupun buah plum sembari memberikan ASI eksklusifnya kepada si bayi. Hal ini akan membantu bayi agar pencernaannya lancar dan terhindar dari sembelit melalui konsumsi ibunya. 

Bayi 4 Bulan ASI Eksklusif Susah BAB
source: https://economictimes.indiatimes.com/


 

baca juga

Obat Tradisional Bayi 4 Bulan Susah BAB


Cara tradisional mengatasi bayi 4 bulan yang susah BAB adalah memijat perutnya dengan lembut. Setelah itu mandikan dengan air hangat. Selain itu, Moms juga bisa mencoba melakukan gerakan ringan dengan membaringkan bayi dan membuatnya leluasa menendang-nendang seperti mengayuh sepeda. Hal ini dapat membantu melonggarkan gesekan pada saluran usus bayi sehingga BAB akan lebih lancar.

Obat Tradisional Bayi 4 Bulan Susah BAB
source: https://www.babycenter.ca/

Nah, itulah beberapa cara yang bisa Moms lakukan ketika menghadapi bayi 4 bulan yang sedang susah BAB. Namun yang perlu diingat, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter untuk pemberian obat agar sesuai dengan dosis dan kondisi si bayi.