Pisang kepok merah adalah pisang yang paling populer diolah menjadi beragam kuliner, mulai pisang goreng madu, pisang bakar, dan aneka kue berbahan dasar pisang lainnya. Jika moms adalah ibu yang gemar membuat berbagai kreasi kuliner dengan pisang, yuk simak tips memilih pisang kepok merah.
 

Ciri Pisang Kepok Merah

Pisang kepok merah ini biasanya juga disebut sebagai pisang kepok kuning. Bentuknya lebih besar dengan kulit yang jauh lebih tebal. Pisang ini memiliki daging yang lebih padat dengan rasa yang lebih lezat. Berbeda dengan pisang kepok putih. Umumnya pisang ini memiliki kulit yang lebih tipis. Daging buahnya juga lebih lembek dan rasanya cenderung hambar.

Sementara ciri pisang kepok merah yang baik adalah berbentuk lebih besar, padat, dan terpenting jika moms mengangkatnya maka akan terasa lebih berat.

Biar Nggak Keliru, Ini Tips Memilih Pisang Kepok Merah
source: http://rhinbiotechnology.com

Kandungan Gizi Pisang Kepok Merah

Setiap 1 buah pisang kepok merah mengandung 11mg kalsium, 35mg fosfor, 1mg zat besi, 503mg potassium, 260IU vitamin A, 1mg niasin, dan 14mg vitamin C. Kandungan khrom yang ada dalam pisang bersama insulin memiliki fungsi sebagai metabolisme karbohidrat yang memfasilitasi masuknya glukosa ke dalam sel-sel tubuh.

Kekurangan khrom dapat menyebabkan terjadinya gangguan toleransi glukosa. Khrom juga berfungsi dalam metabolisme lipid (lemak tubuh). PIsang kepok juga tinggi kalium, magnesium dan mangan. serat, vitamin B6, dan enzim yang membantu menghambat pertumbuhan bakteri.

Mengkonsumsi pisang kepok merah yang masih mentah bisa meningkatkan saluran pencernaan karena senyawa di dalamnya menyediakan lapisan pelindung yang kuat untuk membantu mencegah dan menyembuhkan luka. Dengan teksturnya yang halus dan lembut, buah pisang ini dapat menetralisir kelebihan zat asam dan dapat mengurangi iritasi yang terjadi pada permukaan dalam lambung.

Menurut sebuah penelitian di India dan Inggris, senyawa aktif sitoindosin dan kandungan tanin yang ada dalam pisang kepok merah  dapat menghambat produksi asam lambung dan mengurangi iritasi serta melindungi tukak lambung. Sehingga pisang ini bisa dijadikan sebagai obat murah untuk meredakan asam lambung.

Biar Nggak Keliru, Ini Tips Memilih Pisang Kepok Merah
source: https://obatherbalalami.com

Tips Memilih Pisang Kepok Merah

Yang perlu moms perhatikan saat memilih pisang kepok merah adalah bentuknya yang lebih besar, padat, berat, dan memiliki kulit berwarna kuning. Perhatikan juga warna kulitnya, jika warna kuningnya rata dalam satu sisir maka kemungkinan pisang tersebut matang karena disemprot. Sementara kalau pisang matang di pohon maka warna kuningnya tidak merata, sebagian ada yang masih berwarna hijau.

Ada satu trik yang bisa moms coba saat memilih pisang kepok merah. Pinjamlah pisau pada penjual pisang kemudian iris sebagian kecil pisang. Jika daging buahnya berwarna kuning maka pisang tersebut adalah pisang kepok merah. Jika daging buah berwarna putih berarti pisang tersebut adalah pisang kepok putih.