Cara Merawat Bayi Baru Lahir di Rumah

Bagi Moms muda di rumah yang baru memiliki bayi, ada beberapa hal yang wajib diperhatikan yaitu:

  1. Menjaga kebersihan dan keamanan bayi.
  2. Jangan mandikan bayi sebelum tali pusat copot dan area pusar mengering. Cukup seka dengan waslap. Setelah tali pusat copot, mandikan bayi dengan sampo dan sabun khusus bayi.
  3. Mengganti popok.
  4. Memberi susu.
Cara Merawat Bayi Baru Lahir di Rumah

Jadwal Menyusui Bayi Baru Lahir

Biasanya Moms, bayi menyusu tiap 1-2 jam dalam beberapa hari pertamanya. Ketika lapar, ia akan memberikan beberapa tanda seperti menangis, mengisap tangannya, atau mengecap-ngecap. Membiarkan bayi kelaparan terlalu lama dapat menyebabkan komplikasi kesehatan.

Perlu diingat Moms, bayi memiliki ukuran lambung yang kecil, maka untuk menjaganya agar tidak sampai kelaparan, Moms perlu memberi susu dalam jumlah yang sedikit namun sering.

Biasanya, pada minggu pertama kelahiran bayi, ia akan menyusu sebanyak 10 – 12 kali selama 24 jam. Nah, seiring bertambahnya usia, Moms bisa bisa batasi untuk menyusui sekitar 8 – 12 kali. Dalam satu sesi menyusui, biasanya berlangsung selama 20 – 30 menit. Lamanya waktu bisa berbeda, tergantung seberapa lapar bayi saat itu.

Jadwal Menyusui Bayi Baru Lahir
baca juga

Bayi Cegukan

Pada bayi baru lahir hingga usia satu tahun, cegukan sangat umum terjadi. Bahkan, sebenarnya cegukan dapat dialami bayi sejak masih berada dalam kandungan, lho Moms. Pada bayi, umumnya cegukan disebabkan oleh makan yang terlalu banyak atau terlalu cepat, serta menelan banyak udara. Selain itu, cegukan juga bisa diakibatkan oleh perubahan suhu di dalam perut.

Berikut ini cara mengatasi bayi cegukan:

  1. Gendong dalam keadaan tegak selama 20 menit. Kemudian goyang badannya perlahan atau usap dadanya dengan lembut.
  2. Ketika menyusui, miringkan botol dengan sudut 45 derajat sehingga udara naik ke bagian bawah botol. 
  3. Saat makan, pangku si kecil dalam keadaan tegak untuk mengurangi jumlah udara yang masuk ke dalam perut.
  4. Beri dia minum.
Bayi Cegukan

Durasi Tidur Bayi

Durasi tidur bayi memang cukup panjang, Moms. Bayi bisa tidur sekitar 1-2 jam dalam sekali waktu tidur. Jika dijumlahkan dalam satu hari ia dapat tertidur selama 16 hingga 18 jam. Ketika mencapai usia 6 bulan, sebagian besar bayi tidur selama 6 jam pada malam hari.

Pada malam hari, biasanya si bayi susah tidur. Cara yang dapat dicoba yaitu dengan membiarkan bayi melakukan banyak aktivitas ketika siang hari sehingga ia tetap terjaga dalam waktu yang lama dan dapat tidur lebih lama ketika malam hari.

Durasi Tidur Bayi
baca juga

Merawat Tali Pusat

Tali pusat bayi juga harus dirawat lho Moms. Saat ingin merawat tali pusat, cuci tangan terlebih dahulu, jangan oleskan apapun pada tali pusat. Tali pusat tidak perlu ditutup dengan kasa dan jangan ditutup dengan popok maupun gurita. Usahakan agar tali pusat tidak basah, tidak terkena air seni maupun tinja bayi, ya Moms.

Jika tali pusat kotor, segera cuci bersih dengan air yang bersih dan sabun lalu keringkan dengan kain bersih. Biarkan tali pusat terlepas sendiri. Jika terdapat tanda infeksi seperti kemerahan dan atau bengkak pada pusat ataupun kulit di sekitarnya, berbau busuk dan terlihat nanah, segera kontrol ke dokter untuk ditindak lebih lanjut.

Merawat Tali Pusat

Nah itu dia Moms, yang harus diperhatikan untuk merawat bayi baru lahir.