Saat anak diserang panas pasti membuat moms gelisah dan ikut tidak tenang. Moms masih bingung cara menurunkan panas pada anak? Bahkan sudah dibawa ke dokter pun, demam anak tak kunjung reda. Mungkin moms bisa mencoba menurunkan panas anak di rumah. Cara menurunkan panas pada anak pun berbeda-beda, lho moms.

Moms harus selalu memberikan penanganan dan perhatian lebih pada bayi yang terserang demam, itu menjadi cara menurunkan panas anak bayi yang pertama. Biasanya bayi yang mengalami panas tinggi setelah ia melakukan imunisasi, terinfeksi virus dan bakteri, dan berada di luar ruangan dengan suhu yang sedang panas-panasnya.

Cara Menurunkan Panas Pada Bayi 9 Bulan

Bayi 9 bulan rentan mengalami demam. Suhu normal pada bayi berusia 9 bulan yakni sekitar 37.5 derajat celcius. Jika suhunya lebih dari itu, kemungkinan bayi moms mengalami demam. Banyak gejala-gejala yang dialami bayi ketika mulai demam seperti tidur terlihat tidak nyaman, nafsu makan hilang, lesu, tidak bersemangat, dehidrasi, diare, muntah, atau bahkan sampai kejang.

Moms harus tanggap mengenali kondisi bayi. Cara menurunkan panas pada bayi 9 bulan yang tepat yakni mandikan bayi dengan air hangat yang akan membantu bayi lebih rileks dan saluran pernapasannya menjadi lancar. Hindari penggunaan baju dengan bahan yang tebal pada bayi yang sedang demam. Karena penyebab bayi demam adalah dehidrasi, moms harus sering memberikan bayi air mineral dan ASI. Moms harus memberikan obat yang sesuai dengan anjuran doket. Jangan sembarangan ya, moms.

Cara Menurunkan Panas Pada Bayi 9 Bulan
baca juga

Cara Menurunkan Panas Anak Umur 1 Tahun

Cara menurunkan panas anak umur 1 tahun tidak jauh berbeda dengan bayi usia 9 bulan. Anak usia 1 tahun memiliki suhu normal yakni sekitar 37.6 derajat Celcius. Moms jangan memberikan pakaian atau selimut yang tebal untuk anak. Pastikan moms sering mengganti pakaian anak agar terasa lebih nyaman.

Cara Menurunkan Panas Anak 3 Tahun

Cara menurunkan panas anak usia 3 tahun yakni dengan perbanyak istirahat, menjaga suhu ruangan agar tetap sejuk. Obat menjadi penanganan pertama untuk anak usia 3 tahun yang sedang demam. Moms bisa berikan obat demam seperti parasetamol dan ibuprofen. Tapi moms harus konsultasikan dengan dokter dosis obat yang cocok untuk anak.  

Cara Menurunkan Panas Anak 3 Tahun
baca juga

Cara Menurunkan Panas Anak Secara Alami

Selain dengan bantuan dokter, moms bisa lakukan cara menurunkan panas anak secara alami agar suhu tubuh anak cepat turun, seperti berikut ini:
 

1. Kompres air hangat

Kompres tubuh anak di bagian kening atau ketiak dengan dengan air hangat. Lakukan selama 10 menit, dan moms perlu melakukannya berulang-ulang ya.
1. Kompres air hangat

2. Asupan cairan yang banyak

Selalu berikan asupan cairan yang banyak seperti air mineral dan ASI atau susu formula. Berikan juga makanan yang bergizi seperti buah-buahan dan sayuran.
2. Asupan cairan yang banyak

3. Temulawak

Cara menurunkan panas anak yang alami lainnya dengan memberikan anak sari temulawak yang dicampur dengan madu. Temulawak adalah bahan alami yang mempunyai manfaat sebagai antibiotic dan antiperadangan. Pemberian ramuan temulawak disesuaikan dengan usia anak ya.
3. Temulawak

4. Air kelapa

Air kelapa juga bagus dikonsumsi anak yang terserang demam. Pada saat anak sedang panas, keringat yang dikeluarkan pasti akan banyak, maka dari itu air kelapa bagus sebagai pengganti keringat yang banyak karena tinggi kandungan kalium.
4. Air kelapa