Manfaat Berendam Air Panas


Berendam air panas itu memiliki banyak sekali manfaat loh moms. Terlebih lagi kalau air panas alami yang memiliki kandungan belerang. 

Biasanya air panas yang memiliki kandungan belerang merupakan air panas asli dari mata air pegunungan. Belerang adalah mineral alami yang meskipun berbau menyengat tapi telah menjadi metode hidroterapi yang digunakan sejak zaman dahulu kala, yaitu zaman Mesir kuno sampai Romawi kuno.

Berendam di air belerang dapat membunuh kuman, virus, dan infeksi jamur. Menurut penelitian kesehatan, belerang secara efektif mengeringkan jerawat dan membantu memberantas akar jerawat yang melekat di dalam pori-pori kulit.

Berendam air belerang juga memiliki manfaat tambahan seperti melancarkan peredaran darah. Di beberapa negara, ritual berendam air belerang menjadi salah satu ritual yang tidak ditinggalkan dan membudaya. Salah satu negara yang mengadopsi kebiasaan ini adalah Jepang. Berendam air belerang dipercaya dapat melancarkan aliran darah dan juga sebagai sarana relaksasi setelah habis bekerja seharian penuh.

Tekanan pada air belerang bersuhu panas juga bisa memberikan efek positif pada otot dan persendian. Lebih lanjut, bila secara rutin berendam di air belerang dapat melancarkan sirkulasi darah, membuat stamina tubuh lebih tangguh, dan tidak cepat lelah.

Manfaat Berendam Air Panas
source: https://statik.tempo.co


 

Wisata Air Panas di Jawa Barat


Menikmati wisata air panas tidak membutuhkan waktu liburan yang panjang kok moms, cukup luangkan waktu bersama di akhir pekan untuk menuju ke tempat wisata air panas terdekat. Berikut ini adalah beberapa tempat wisata pemandian air panas yang bisa dikunjungi. 
  1. Pemandian air panas ciater, Lokasi wisata pemandian air panas Ciater berada di lereng gunung Tangkuban Perahu, tepatnya di tepi Jalan Raya Subang. Wisata kebun strawberry dan dikelilingi perkebunan teh yang asri.  Pemandian air panas ciater ini merupakan salah satu yang paling terkenal juga dikenal sebagai pemandian air panas Bandung. Letak pemandian air panas Ciater yang strategis membuat objek wisata ini cukup dikenal masyarakat, baik di wilayah Jakarta dan Jawa Barat. Dari arah Jakarta melalui rute puncak, jarak tempuhnya kurang lebih 212 km ke arah tenggara dan membutuhkan waktu tempuh sekitar 5 jam. Jika melewati tol cipularang (arah purwakarta) jaraknya hanya sekitar 185 km dan dapat ditempuh dalam waktu 3-4 jam. 
  2. Pemandian Air Panas Bogor, tidak mau jauh-jauh untuk menikmati pemandian air panas bisa kok moms. Salah yang terkenal adalah pemandian air panas Ciseeng. Nama sebenarnya dari Wisata Air Panas Ciseeng Bogor adalah Kolam air Panas Tirta Sanita Ciseeng. Pemandian air panas ini terletak di Jalan Cogreg, Desa Bojong Indah, kecamatan Parung, Bogor, Jabar ini bila ditempuh dari pusat kota Jakarta berjarak sekitar 50km, dan menghabisakan waktu sekitar 1,5 jam dengan menggunakan mobil. Wisata Air Panas Ciseeng Bogor ini berasal dari gunung kapur yang mengandung belerang alami dan bermanfaat untuk mengobati penyakit tulang maupun kulit.
  3. Pemandian air panas Garut memiliki beberapa pilihan salah satu yang terkenal adalah Talaga Bodas. Meski masih murni berupa kawah, terdapat sejumlah kolam alami di sekitar Talaga Bodas yang bisa dimanfaatkan untuk berendam. Kolamnya pun bukan bergaya modern, tapi hampir menyatu dengan kawah dan masing-masing kolam memiliki kedalaman berbeda. Ini yang membuat Talaga Bodas menjadi lebih istimewa dari tempat lainnya.
Wisata Air Panas di Jawa Barat
source: https://explorewisata.com/wp-content/uploads/2017/12/talaga-bodas-garut.jpg

Jadi mau pilih yang mana nih moms untuk liburan akhir pekan ini?