Adapun opsi lainnya adalah dengan mengonsumsi obat-obatan dari bahan alami, kencur misalnya. Tidak hanya sebagai bumbu masakan, kencur juga punya manfaat untuk kesehatan ibu hamil lho. Yuk, simak di bawah ini moms.

Membantu Meredakan Batuk

Manfaat kencur untuk ibu hamil, salah satunya adalah dapat meredakan batuk. Meski tergolong penyakit ringan, batuk bisa membuat moms menjadi tidak nyaman. Ramuan dari kencur dan jahe dapat membantu mengatasi masalah ini. Caranya adalah rebus 4 ruas kencur dan 2 ruas jahe, kemudian minum air rebusannya.

Manfaat Kencur untuk Ibu Hamil, Sudah Tahu Belum Moms?
source: https://www.doktersehat.com


 

Meredakan Gangguan Tenggorokan


Sakit tenggorokan juga dapat menimbulkan rasa tak nyaman selama kehamilan. Moms bisa memanfaatkan kencur sebagai solusi meredakan sakit tenggorokan. Caranya adalah kupas kulit kencur, kunyah, lalu hisap airnya.

Meredakan Gangguan Tenggorokan
source: https://www.liputan6.com


 

baca juga

Meredakan Masuk Angin


Masuk angin biasanya ditandai dengan perut kembung dan sakit kepala. Segelas wedang jahe hangat dengan campuran sedikit kencur dapat membantu mengatasi perut kembung dan keluhan masuk angin.

Meredakan Masuk Angin
source: https://www.klikdokter.com


 

Manfaat Kencur untuk Kesuburan Wanita


Bagi moms yang sedang dalam program hamil, jamu alami dari bahan kencur, bawang putih dan daun sirih dapat membantu kesuburan kandungan.  Caranya cukup dengan menghaluskan ketiga bahan tersebut, tambahkan air, lalu peras airnya. Setelah itu, minum dengan madu terutama di pagi hari pada saat menstruasi.

Manfaat Kencur untuk Kesuburan Wanita
source: https://www.inspirasidata.com


 

baca juga

Manfaat Beras Kencur untuk Wanita Haid



Salah satu jamu yang sering dikonsumsi dan banyak khasiatnya adalah beras kencur. Minuman ini terbuat dari tepung beras, kencur, jahe, kunir dan asam jawa. Jamu yang kaya akan antioksidan ini dapat membantu mengatasi masalah saat haids, seperti rasa lelah, letih, lemah dan lesu akibat karena tubuh kehilangan sel darah merah, meredakan nyeri dan juga menghilangkan rasa kembung pada perut.
Manfaat Beras Kencur untuk Wanita Haid
source: https://www.wajibbaca.com


 

Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Kecantikan


Ramuan beras kencur juga bermanfaat untuk menjaga kecantikan lho moms. Selain diminum, moms juga menjadikan beras kencur sebagai masker. Khasiatnya antara lain memutihkan wajah, mengencangkan kulit, mengatasi wajah berminyak dan lain sebagainya.

Manfaat Kencur dan Kunyit untuk Kecantikan
source: https://www.liputan6.com

Itu dia beberapa manfaat kencur untuk wanita, moms. Semoga bermanfaat ya.